Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Nonton AFF Suzuki Cup 2020 di Parabola

Banyak yang bertanya bagaimana cara nonton AFF Suzuki Cup 2020 di parabola. Bisakah kita menonton gratis free to air di Telkom 4? Kalau berbayar ada di NEX Parabola atau K-Vision?

AFF Suzuki Cup 2020 adalah kejuaraan sepakbola yang diselenggarakan oleh ASEAN Football Federation (AFF). Rencana awal dimulai pada 23 Nov - 31 Des 2020 namun karena pademi Covid-19 diundur 2x yang akhirnya digelar 5 Des 2021 hingga 1 Jan 2022.

Pemegang Hak Siar AFF Suzuki Cup 2020

Pada 22 September kemarin dilakukan undian pembagian grup yang menandakan kejuaraan bola Asia Tenggara akhirnya diselengarakan tahun ini. Indonesia harus satu grup dengan Vietnam, Malaysia, Kamboja dan Laos.

Masing-masing negara sudah memiliki broadcast partner yang menyiarkan pertandingan yang berlangsung. Berikut ini adalah negara dengan channel yang mendapatkan hak siar.

NegaraChannel
IndonesiaRCTI, Champions TV, Vidio
MalaysiaAstro
Brunei
RTB ( Radio Television Brunei)
ThailandBBTV Channel 7 HD
Vietnam, Kamboja, Laos, MyanmarNext Media
KoreaSBS

Dari deretan pemegang hak siar Kejuaraan AFF 2020 di atas, menurut kalian mana yang bisa dinikmati gratis di Indonesia melalui satelit parabola? Apakah ada harapan siaran spillover free to air dari negara tetangga? Setidaknya acakan bisskey tidak masalah.

Sayang sekali RTM Okey tidak mendapatkan hak siar untuk wilayah Malaysia. Padahal saluran tersebut sangat disukai pengguna parabola Indonesia sejak gelaran Copa America. Thailand juga tidak ada NBT, GMM 25 ataupun T Sports.

Cara Nonton AFF Suzuki Cup 2020

Seperti biasa gratisan di Indonesia hanya ada di jalur Terestrial baik itu digital ataupun analog. Kebetulan RCTI yang akan menayangkan, stasiun TV milik Hari Tanoe ini memiliki sinyal yang luas dan sudah proses digitalisasi DVBT2.

Sialnya siaran RCTI melalui satelit Telkom 4 pasti bakal diacak atau diganti program pengganti. Harapan nonton legal melalui parabola hanya di Champions TV, channel olahraga milik EMTEK.

Dulu channel tersebut eksklusif di NEX Parabola namun belakangan ini K-Vision sering menayangkan. Mudah-mudahan hak siar turnamen bola dari AFF juga akan dibagi kepada kedua Pay TV favorit masyarakat tsb.

Kisaran harga belum ada informasi namun kemungkinan besar di bawah 50 ribu. Masa aktif biasanya selama pertandingan berlangsung atau 30 hari. 

Prediksi wajan terbang untuk siaran gratisan bakal ada di BBTV Channel 7 HD. Disiarkan melalui Thaicom 4 dan Thaicom 6 C-band yang sinyalnya sampai wilayah Indonesia.

Channel asal Thailand ini hanya diacak menggunakan BISS. Kita bisa membobol siaran teracak dengan bisskey terbaru. Untuk Ku-band ada di True Vision Thaicom 8 yang dienkripsi yang lebih ketat.

Sekian artikel tentang Cara Nonton AFF Suzuki Cup 2020 di Parabola. Meskipun ada pilihan gratis, disarankan membeli paket premium bila mampu. Tujuannya untuk mendukung ekosistem penyiaran olahraga agar lebih maju dan berkembang. Bukankah luar biasa jika sepak bola ASEAN bisa sekelas siaran liga Eropa?

Thoriq Nabil
Thoriq Nabil Seorang pecinta Film yang hobi rebahan sambil streaming ngabisin internet data!