E22: Smart card is out of date di NEX Parabola

E22: Smart card is out of date
Cara mengatasi E22: Smart card is out of date di receiver NEX Parabola itu gampang banget. Bisa untuk decoder warna Merah, Kuning, Biru, Hijau, Hitam dan varian lain.

Smart card (Kartu pintar) adalah sebuah kartu yang telah dipendam sirkuit terpadu. Fungsinya adalah menyimpan data sekaligus menjadi identitas yang membedakan sebuah perangkat dengan yang lain, mirip dengan Kartu SIM pada handphone.

E22: Smart card is out of date di NEX Parabola

Cara Mengatasi E22 Smart card is out of date di NEX Parabola
Apabila diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya adalah Kartu Pintar Kadaluarsa. Bisa terjadi karena beberapa hal, wajan terbang akan membahas satu-satu persatu alasan sekaligus cara mengatasinya,

1. Belum Aktivasi

Yang satu ini terjadi pada receiver baru, toko belum melakukan aktivasi. Kebanyakan toko terutama di marketplace Online tidak mengaktivasi receiver jika tidak diminta terlebih dahulu.

Cara aktivasi melalui website:

  1. Kunjungi https://www.nexparabola.com/nex/AddSTBInfo.aspx
  2. Masukkan data anda mulai dari SMC ID, Nama, Provinsi, Kabupaten, No.Tlp, Alamat, E-Mail dan Check. Terakhir klik OK.
  3. Jika sukses akan muncul status aktivasi dari receiver NEX Parabola anda.

Kalau ternyata tulisan "E22: Smart card is out of date" masih muncul, tunggulah sekitar 15 menitan. Seharusnya jika aktivasi berhasil, peringatan tersebut tidak akan terlihat. Proses aktivasi kadang memang agak lambat, biarkan dulu receiver menerima data melalui antena parabola.

2. Butuh Refresh

Yang satu ini terjadi karena data pada smart card yang error, receiver nge-hang, perubahan algoritma atau lainnya. 

Terjadi pada receiver lama yang sebelumnya normal tapi entah mengapa tiba-tiba bermasalah. Biasanya muncul pada channel yang masuk dalam paket FREE TO VIEWS seperti channel MNC Group. Kasus E22 paling sering terjadi karena hal ini bukan yang lain.

Cara refresh melalui website:

  1. Kunjungi https://www.nexparabola.com/nex/AuthorityInquiry.aspx
  2. Masukkan Nomor SMC ID dan masukkan kode Check. Terakhir klik OK.
  3. Selesai.

Seharusnya setelah direfresh, channel dalam paket Free to Views dapat ditonton seperti biasa. Jika gagal bisa diulangi refresh sekali lagi. Tunggu 5 -  15 menit agar receiver mendapatkan data terbaru dari satelit.

3. Paket Habis

Yang satu ini bisa terjadi ketika paket anda sudah habis masa berlakunya. Pilihan yang bisa diambil adalah membeli paket lagi agar bisa nonton seperti sebelumnya atau stop berlangganan. Jika tidak dilanjutkan, dalam waktu dekat siaran akan gelap terkunci.

4. Sistem Error

Semua buatan manusia pasti tidak ada yang sempurna, sesekali ada gangguan atau bug adalah hal yang wajar. Pihak NEX Parabola dan satelit akan melakukan maintenace sebentar.

Saat gangguan dari pusat terjadi maka group facebook akan ramai dengan keluhan dan diskusi. Selanjutnya admin NEX Parabola akan memberikan pengumuman. Contohnya yang terjadi pada tanggal 25 Januari 2021 kemarin. Lihat gambar,

NEX parabola Error E22 Padahal Sudah Aktivasi

Yang bisa kita lakukan hanya satu yaitu menunggu. Doakan saja jaringan normal kembali, biasanya error hanya berlangsung dalam hitungan jam saja kok.

5. SW atau Firmware yang Out of Date

Terjadi jika kalian menggunakan Firmware lama karena tidak mengaktifkan auto update. Silahkan update dengan SW terupdate, lebih aman pakai yang original bukan hasil custom.

Sebenarnya custom itu banyak yang bagus, dapat membuat receiver NEX Parabola support Bisskey. Namun sering ada bug yang menyebabkan error, tidak ada garansi bisa berjalan lancar.

Sekian artikel tentang E22: Smart card is out of date di NEX Parabola. Itulah cara mengatasi masalah ini, yang paling simpel adalah refresh saja. Solusi tidak cukup hanya mencabut lalu mencolokkan kembali receiver.

Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel