Cara Mencari Siaran NEX Parabola Hilang

Cara Mencari Siaran NEX Parabola Hilang
Sering kali siaran NEX Parabola tiba-tiba gelap dengan sinyal zonk. Akibatnya saluran televisi favorit anda tidak bisa ditonton seperti biasa. Bagaimana cara mencari siaran NEX Parabola yang hilang?

Jangan buru-buru mengotak atik antena parabola, bisa saja solusinya cukup memencet remot. Tutorial ini bisa digunakan untuk NEX Parabola (Merah/ Kuning), Matrix Sinema (Hitam/ Ungu), NEX Garuda, Matrix Garuda (Biru/ Putih/ Merah/ Orange), Mola Matrix (Hitam/ Putih ataupun Mola NEX Parabola.

Cara Mencari Siaran NEX Parabola yang Hilang

Penyebab channel NEX Parabola menghilang bisa karena dari sononya, paketan ataupun pengaturan alat tempur yang bermasalah. Wajanterbang akan mempertimbangkan Intensitas dan Kualitas Sinyal yang diperoleh sebagai patokan.

Intenstitas Sinyal Ada Kualitas Sinyal Ada

Artinya alat tempur baik-baik saja, LNB dapat menangkap sinyal yang dikumpulkan antena parabola lalu diteruskan melalui kabel hingga masuk receiver. Kualitas sinyal yang sudah naik menunjukkan arah yang sudah tepat.

Jika siaran NEX Parabola hilang, hal pertama yang wajib dicoba adalah merestart receiver. Caranya cukup cabut colokan listrik dan pasang kembali.

Apabila muncul tulisan channel terenkripsi dapat disebabkan paket habis (E22: Smart card is out of date), gagal aktivasi atau teracak. Pengacakan siaran terjadi karena NEX Parabola tidak memiliki hak siar misal saat ada Live Pertandingan Olahraga.

Khusus untuk LNB Ku-band dengan dish mini, kualitas sinyal bisa turun drastis saat hujan. Hal ini sangat wajar dan tidak ada solusi untuk itu. Jalur Ku-band memang rentan curah hujan tinggi.

Baca juga: Cara Mengatasi Sinyal Hilang Saat Hujan

Signal Quality (SQ) yang turun menyebabkan ada channel yang ketangkap namun ada yang zonk. Agar semua channel cling, kalian wajib gotik parabola untuk memaksimalkan sinyal.

Intensitas Sinyal Ada Kualitas Sinyal 0%

Ini berarti alat tempur mulai dari antena, LNB, kabel hingga receiver bisa menangkap sinyal dengan baik. Yang bermasalah adalah arah parabola yang kurang tepat. Contohnya seperti gambar di bawah ini,

Kualitas Sinyal NEX Parabola hilang saat hujan

Hal ini bisa terjadi karena antena tergeser angin/ kucing atau disebabkan siaran NEX Parabola pindah satelit seperti yang terjadi pada tahun 2020 dari Palapa D ke Telkom 4.

Solusinya cukup mudah yaitu arahkan antena ke satelit yang sesuai. Parabola jaring LNB C-band ke Telkom 4 frekuensi  4180 V 29800 dan Ku-band ke SES 9 11921 V 45000.

Tambahkan frekuensi NEX Parabola di atas lalu scan. Tunggu sebentar dan pastinya cling asalkan receiver sudah diaktivasi.

Intensitas Sinyal 0% Kualitas Sinyal 0%

Ini artinya alat tempur anda rusak atau belum terpasang dengan benar. Pertama yang harus dilakukan adalah mengecek kabel antena yang masuk ke receiver, cobalah copot lalu pasang kembali. Tidak ada salahnya restart decoder dengan mencabut colokan listrik dan pasang lagi.

Jika bar Intensitas Sinyal sudah naik berarti alat tempur sudah terpasang baik, tinggal arahkan ke satelit dimana NEX Parabola berada.

Sebaliknya jika Intensitas Sinyal masih 0%, kalian harus cek lagi kabel hingga ke LNB. Apakah ada kabel yang tertekuk, berkarat atau putus dimakan tikus? 

Cek juga ujung kabel yang masuk ke LNB (diSeqC atau Switch). Lubang konektor LNB yang berkarat membuat sinyal tidak bisa diteruskan ke receiver. Cobalah membersihkan karat, semoga sinyal bisa ditangkap lagi.

Nah kalau tidak ada kerusakan kabel yang terlihat, bisa saja LNB yang rusak atau port DiSeqC yang error. Cara simpel untuk mengecek adalah memakai LNB normal. 

Jika memakai LNB baru tersebut sinyal tetap zonk, kemungkinan kabel yang bermasalah. Di sisi lain jika LNB baru bisa menangkap sinyal berarti LNB lama sudah rusak dan wajib diganti.

Pengecekan DiSeqC bisa dilakukan dengan mengonta ganti port. Biasanya yang rusak hanya 1-2 port, lainnya mungkin masih normal.

Sekian artikel tentang Cara Mencari Siaran NEX Parabola yang Hilang. Kasus yang paling terjadi adalah nomor dua dimana Kualitas Sinyal hilang namun Intensitas Sinyal masih ada. Solusi terbaik untuk ini adalah gotik dish anda. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman menangkap sinyal NEX Parabola di Telkom 4 dan SES 9.

Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel