TV Satelit Gratis Tanpa Biaya Bulanan

TV Satelit Gratis Tanpa Biaya Bulanan
Hingga sekarang masih banyak daerah yang belum terjangkau sinyal UHF terestrial baik itu analog ataupun digital. Solusi terbaik bagi mereka adalah saluran TV yang disiarkan melalui satelit dan ditangkap dengan antena parabola.

Pertanyaannya, apakah ada TV satelit gratis tanpa biaya bulanan? Banyak orang awam yang berfikir bahwa parabola itu mahal, harus beli alat dan iuran setiap bulan. Wajanterbang akan menjawab benar tidaknya komentar tersebut.

Adakah TV Satelit Gratis Tanpa Biaya Bulanan?

Jawaban pertanyaan ini adalah ada, bahkan jumlahnya lebih banyak dibandingkan channel di UHF terestrial.

Banyak sekali channel TV lokal yang saat ini bersiaran melalui satelit dan bisa ditangkap dari seluruh Nusantara. Genrenya beragam mulai dari film, drakor, musik, berita, religi, lokal daerah dan masih banyak lagi.

Itu belum termasuk spillover siaran TV tetangga seperti Thailand, Kamboja, India bahkan bisa sampai Dubai (dengan alat tempur mumpuni). Asalkan siaran bersifat FTA (free to air), kita bisa menonton siaran tanpa biaya tambahan. 

Sayangnya sekarang tidak ada siaran gratis dari MNC Group, tepatnya channel MNCTV, RCTI dan GTV. Ketiganya bersifat Free to View (FTV), tetap tanpa biaya bulanan namun kita harus menggunakan receiver khusus.

Daftar TV Satelit Gratis

Sinyal satelit disiarkan dari atas tanpa halangan berarti. Hal ini berbeda dengan sinyal terestrial yang terkendala kondisi geografis seperti gunung, laut, hutan dll. Oleh karena itu satelit memiliki jangkauan lebih luas dari Sabang sampai Merauke.

Bagi kalian yang ingin siaran TV Nasional yang lengkap, wajib membeli receiver khusus. Dijamin channel RCTI, GTV, MNC TV, Indosiar dan SCTV langsung cling. Pilihannya NEX Parabola, K-Vision dan Nusantara HD.

Sedangkan bagi pencinta gratisan wajib berburu siaran Free to Air di satelit. Usahakan menambahkan LNB lagi untuk lock beberapa satelit sekaligus. Dengan begini channel yang bisa ditonton bisa sampai ratusan.

Daftar channel gratis di parabola
Foto oleh Ari Nugraha

Berikut ini adalah daftar satelit yang sering dilock pengguna parabola,

1. Telkom 4 108.0°E - C-band

Semenjak migrasi masal dari Palapa D di 2020, Telkom 4 menjadi satelit dengan jumlah channel TV Indonesia terbanyak.

Tidak perlu repot memasukkan frekuensi satu persatu cukup Blind Scan - Hanya FTA. Anda langsung bisa mendapatkan ratusan channel TV Indonesia.

Kita tidak perlu decoder khusus untuk nonton siaran TV satelit gratis Telkom 4. Sembarang receiver bisa nonton bahkan tipe lama MPEG-2. Meskipun begitu disarankan memakai MPEG-4 karena belakangan channel TV upgrade format video ke MPEG-4.

Satelit lain yang free to air untuk pengguna parabola jaring adalah Nusantara Satu 146.0°E. Sayang jumlah channel sangat minim.

Kalian juga bisa menargetkan satelit luar negeri yang jangkauannya sampai Indonesia. Sebut saja Asiasat 5, Asiasat 7, Chinasat 10 dll.

2. Asiasat 9 122.0°E - Ku-band

Bicara tentang TV satelit gratis untuk parabola mini, pasti banyak yang berfikir tentang Ninmedia. Walaupun kian meredup sejak hilangnya MNC Group dan EMTEK namun channel FTA masih banyak sekali.

Saat ini Ninmedia berada di Asiasat 9 setelah migrasi dari Chinasat 11. Siaran FTA tidak terbatas lokal saja, ada beberapa channel Cina, Qatar, Korea dan Jepang. Saluran TV Nasional cukup lengkap seperti Trans TV, Trans 7, RTV, TVRI, Kompas dll.

Kebanyakan siaran Ninmedia bisa ditonton dengan sembarang receiver asalkan MPEG-4. Yang kalian persiapkan kelengkapan parabola dan LNB Ku-band.

Oh iya Ninmedia juga memiliki decoder rekomendasi. Sayang paketannya tidak sebagus milik Pay TV, belum ada channel sports. Tidak heran mereka lebih sering jadi yang kedua.

Baca juga:  Frekuensi Ninmedia di Asiasat 9

3. Measat 3a 91.4°E - Ku-band

Bisa dibilang sebagai siaran gratis dari K-Vision, frekuensinya adalah 12436 H 31000. Jumlah channel yang didapatkan tidak sampai 20.

4. Measat 3b 91.5°E - Ku-band

Kalau yang ini merupakan siaran gratis yang diberikan oleh Nusantara HD. Jumlah saluran TV yang disediakan hanya belasan saja.

Measat 3a dan 3b berada di orbit yang beda 0,1 derajat. Ini artinya bisa dilock bersama dengan mudah. Kalian bisa manfaatkan channel FTA dari keduanya, kebetulan juga channelnya berbeda. Cocok bagi yang kesulitan lock Ninmedia.

5. SES 9 108.2°E - Ku-band

Tak mau kalau dengan K-Vision, NEX Parabola dan Matrix Garuda juga memberikan siaran FTA untuk Ku-band. SES 9 yang terletak di 108,2 derajat bujur timur membuatnya lebih mudah dilock dibandingkan satelit lain.

Channel yang gratis kebanyakan adalah TV religi. Sebut saja Rodja TV, Sunna TV, Al Imam TV, Quran TV, Ahsan TV dan Surau TV. Selain itu ada 1-2 channel berita Cina.

Sekian artikel tentang TV Satelit Gratis Tanpa Biaya Bulanan. Faktanya kualitas siaran gratis memang tidak sebandingkan premium di Pay TV. Syukuri saja toh tanpa perlu membayar iuran setiap bulan.

Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel