Cara Mencari Sinyal Satelit Telkom 4

Cara Mencari Sinyal Satelit Telkom 4

Belakangan ini satelit Telkom 4 diburu oleh para pengguna parabola jaring LNB C-band. Alasannya karena masa operasi Palapa D yang berakhir dan kegagalan satelit pengganti mencapai orbit. Mayoritas channel di Palapa D migrasi ke Telkom 4 termasuk K-Vision dan NEX Parabola.

Bagaimana cara mencari sinyal Telkom 4? Simpelnya cukup geser parabola ke arah 108° Bujur Timur lalu masukkan frekuensi terkuat, goyangkan sedikit untuk memaksimalkan kualitas sinyal dan terakhir scan. Lebih detailnya akan dijelaskan di bawah. 

 

Cara Mencari Sinyal Satelit Telkom 4

Berada di 108 derajat Bujur Timur artinya berada di barat pulau Kalimantan (cek gambar di bawah). Arah parabola tergantung lokasi anda berada, dari Jawa ke Utara, dari Sulawesi ke Barat, dari Aceh ke Timur dll. Wajanterbang menyarankan penggunaan aplikasi tracking parabola seperti Satfinder.

footprint-satelit-telkom-4-untuk-tracking-mencari-sinyal-k-vision

Tracking satelit yang disebut juga dengan satelit Merah Putih ini tidaklah sulit. Dari gambar di atas terlihat sinyal luber yang bisa ditangkap dari seluruh wilayah Indonesia. Kesulitan ada pada beberapa transponder yang kadang pelit sinyal. Inilah mengapa disarankan memaksimalkan dulu frekuensi terkuat.

Berikut ini adalah beberapa frekuensi channel FTA MPEG2 yang dijadikan patokan saat tracking.

Nama Channel
Frekuensi
ANTV3850 H 6000
Trans 7
3875 H 6000
Rajawali Televisi
3949 V 4333
tvOne
4174 H 6000

Apakah harus menggunakan frekuensi di atas? Tidak namun banyak teknisi percaya bahwa transponder di atas lebih mudah dilock karena symbol rate kecil dengan format siaran MPEG-2. Cocok bagi yang kesulitan dapat sinyal Telkom 4 terutama pengguna dish kecil.

1. Masuk pengaturan Receiver dengan menekan tombol Menu diremot. Pilih Instalasi tambahkan Satelit baru. Namakan dengan Telkom 4 di longitude 108 E.

Jika sudah ada satelit tersebut tinggal masukkan frekuensi terkuat Telkom 4, misal Trans 7 3875 H 6000 dan yang pelit ANTV 3850 H 6000. Pengguna K-Vision masukkan 3860 V 31000 dan 4060 V 31000.

Di pengaturan antena, atur LNB Freq ke 5150. Untuk setting Diseqc, 22K, Power LNB sesuaikan dengan pemasangan LNB yang akan digunakan untuk Telkom 4.

2. Gunakan Satfinder untuk mencari dimana satelit Telkom 4 berada. Pasang parabola mengarah ke satelit sesuai dengan Azimuth, Elevasi dan LNB Skew. Wajanterbang sudah membahas tutorial pemakaian di Cara Menggunakan Aplikasi SatFinder Android untuk Tracking.

3. Setelah mendapatkan arah satelit, lihat kualitas sinyal yang didapatkan oleh Transponder Trans 7. Usahakan sinyal sampai angka 72% dengan gotik parabola. Setelah itu cek frekuensi ANTV, maksimalkan hingga 51-52%. Jika ANTV sudah cling, kemungkinan besar siaran lain di Telkom 4 juga cling.

4. Scan siaran yang diinginkan, tunggu beberapa saat pasti channel TV sudah cling. Bagi pengguna K-Vision, NEX Parabola, Matrix Garuda dan Nusantara HD, ingat untuk memilih "Hanya FTA" dengan "tidak".

5. Kencangkan baut agar arah parabola tidak mudah bergeser meskipun hujan berangin.

Jika masih belum bisa menangkap sinyal satelit Telkom 4 kemungkinan arah belum tepat, parabola baling/ bolong, LNB sudah tidak peka, diseqc rusak, receiver bermasalah dll.

Tracking Telkom 4 itu susah susah gampang, beda 1 derajat saja bisa membuat kita loss sinyal. Sebaiknya menggunakan jasa teknisi terdekat apabila butuh bantuan.

Sekian artikel tentang Cara Mencari Sinyal Satelit Telkom 4. Tutorial di atas bisa digunakan baik kalian yang hanya lock Telkom 4 saja ataupun yang mengabungkan beberapa satelit dalam satu dish. Perbedaan hanya ada di pengaturan antena saja.

Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel