Frekuensi Ninmedia di Asiasat 9 Terbaru

Frekuensi Ninmedia di Asiasat 9 Terbaru
Ninmedia oh Ninmedia, pada 13 Agustus 2020 banyak pengguna yang mengaku Loss Signal sehingga siaran menghilang. Berita lain diambil dari laman Tiviplus_Indonesia yang menyebutkan bahwa mereka pindah ke satelit Asiasat 9. Berapa frekuensi Ninmedia di Asiasat 9 terbaru?

Seperti kita ketahui sejak bulan Mei 2020, transponder Ninmedia 12560 V 43200 mengalami gangguan transmisi. Akibatnya banyak siaran menghilang, pihak Ninmedia akhirnya memasukkan semua siaran berkualias ke 12500 V 43200. Apakah semua channel migrasi ke satelit Asiasat 9?

 

Frekuensi Ninmedia di Asiasat 9 Terbaru

Sejujurnya keputusan pindah dari Chinasat 11 ke Asiasat 9 ini sangat telat. Dalam waktu 3 bulan kebelakang, banyak pengguna kecewa yang beralih ke layanan TV satelit lain seperti K-Vision dan NEX Parabola. 

Ok, bagi pelanggan setia berikut ini frekuensi Ninmedia di Asiasat 9 yang diambil dari laman Tiviplus.

Nama SatelitFrekuensi
Asiasat 9 122.0°E12415 V 45000 (belum aktif)
Asiasat 9 122.0°E12655 V 45000

Dua transponder ini jelas tidak mungkin hanya ditempat oleh Tiviplus saja. Semua channel dari Ninmedia sudah pasti ikut migrasi dari Chinasat 11 ke Asiasat 9. Simbol rate cukup besar yang cocok ditempati oleh 90 channel.

Apalagi rasanya tidak mungkin Ninmedia dan Tiviplus itu beda satelit. Sulit mengabungkan Chinasat 11 dengan Asiasat 9 dalam satu dish parabola karena jarak yang jauh dan beda arah. Pasti dalam minggu ini ada pengumuman migrasi dari Ninmedia.

 

Cara Mencari Siaran Ninmedia di Asiasat 9

Pihak Tiviplus dan Ninmedia menghimbau semua pengguna untuk segera repointing parabola ke Asiasat 9 di orbit 122°E. Kurang lebih mirip dengan letak JCSAT 4b dari BigTV. Segera hubungi teknisi jika kesulitan untuk mengatur ulang arah parabola anda.

Ohya satelit sebelumnya yaitu Chinasat 11 ada di 98.0°E, jarak yang cukup jauh dari satelit baru. Mayoritas orang harus memutar parabola dari arah barat ke timur. Sebaiknya gunakan aplikasi pencari arah satelit seperti Satellite Pointer untuk membantu.

Simpelnya Asiasat 9 itu ada di dekat kota Gorontalo, Sulawesi Utara yaitu 122° Bujur Timur. Jadi bagi kalian yang tinggal di Sumatera dan Kalimantan silahkan arahkan parabola ke Timur. Untuk penduduk Jawa bisa arahkan ke Timur agak ke Utara.

Setelah repointing parabola, tambahkan satelit baru yaitu Asiasat 9 dengan Longitude 122°E. Setting LNB ke Universal (9750 - 10600). Masukkan kedua frekuensi Ninmedia di Asiasat 9 di atas untuk pengaturan Transponder.

Cek dulu berapa kualitas sinyal dan kuantitas sinyal yang didapatkan. Jika dirasa masih jelek silahkan atur ulang arah parabola hingga dapat sinyal terbaik. Setelah itu tinggal scan ulang transponder tersebut. Jangan dipindai buta karena di satelit ini banyak channel lain.

NB: Bagi kamu yang ingin lock Ninmedia bersama Garmedia Measat 3a dalam satu dish. Sebaiknya arahkan dish ke utara, lalu pasang LNB Ku-band di sisi barat untuk Measat 3a dan timur untuk Asiasat 9. Detail bisa dicari dengan menonton video di Youtube.

Sekian artikel tentang Frekuensi Ninmedia di Asiasat 9 Terbaru. Pada dasarnya cara repointing ke satelit Asiasat 9 itu sama dengan Tracking Ninmedia Chinasat 11. Perbedaannya hanya letak satelit dan tentunya frekuensi terbaru.

Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel