Alternatif Siaran RTV Menghilang di K Vision

Alternatif Siaran RTV Menghilang di K Vision
Rajawali Televisi atau lebih dikenal dengan nama RTV bisa dibilang stasiun TV Indonesia yang paling sering menayangkan siaran Kartun dan Superhero. Tidak heran ketika siaran RTV menghilang, anak-anaklah yang paling sedih.

Di akhir bulan Juli ini, muncul pemberitahuan dari K-Vision bahwa saluran RTV tidak lagi tersedia di layanan mereka. Keputusan tersebut mulai berlaku pada 31 Juli 2020. Bisa dipastikan siaran akan gelap dan mungkin diganti dengan channel lain.

Alternatif Siaran RTV Menghilang di K Vision

Alasan menghilangnya Rajawali Televisi adalah kontrak kerjasama yang sudah berakhir (dan tidak diperpanjang?). Akhirnya muncul pengumuman di layar TV bahwa "Masa penayangan channel ini berakhir". Seperti gambar di bawah ini!
Cara Mengatasi Siaran RTV menghilang di K Vision
Karena disebabkan siaran yang berakhir, jadi solusinya hanya satu yaitu mencari siaran lain yang masih aktif. Kebetulan masih ada siaran Free To Air baik itu di C-band dan Ku-band. Berikut ini adalah tabel frekuensi RTV terbaru di Telkom 4 dan Chinasat 11.
Frekuensi RTV Free To Air
Telkom 4 108.0°E
3949 V 4333
FTA, DVB-S, MPEG-2
ChinaSat 11 98.0°E
12500 V 43200
FTA Ninmedia, DVB-S2, MPEG-4
Untuk pengguna parabola jaring C-band, frekuensi FTA masih satu satelit dengan K-Vision yaitu Telkom 4. Kalian tidak mengubah arah parabola, cukup masukkan frekuensi RTV terbaru di atas lalu scan. Atau bisa dengan blind scan Telkom 4.

Sebenarnya masih ada siaran RTV di Palapa D namun lebih baik hindari saja karena satelit ini segera berhenti beroperasi.

Yang agak ribet itu pengguna K-Vision Ku-band di Measat 3a, siaran alternatif ada di Chinasat 11. Kalau ingin kembali nonton RTV, mau tidak mau harus menambah LNB baru. Selain itu ada di Thaicom 4 bekas Aora TV yang letaknya agak jauh yaitu 119.5°E dengan frekuensi 11686 V 6666.

Lebih baik kombinasikan Measat 3a dan Chinasat 11 dalam satu dish mini. Kebetulan kedua satelit hanya beda sekitar 7 derajat saja, jadi mudah disatukan. Untuk tutorial bisa dicari di youtube dengan kata kunci "Measat 3a Chinasat 11".

Itulah 2 alternatif siaran RTV yang masih free to air untuk menggantikan siaran di K-Vision yang menghilang. Melihat minat masyarakat yang tinggi terutama anak-anak, semoga K-Vision kembali bekerjasama dengan Rajawali Televisi.

Sekian artikel tentang Alternatif Siaran RTV Menghilang di K Vision. Faktanya dulu channel yang terkenal dengan Tayo ini tidak ada di K-Vision C-band. Alasannya tentu karena sudah ada siaran FTA di satelit yang sama.
Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel