Alternatif Siaran BiG TV di JCSAT 4B yang Menghilang

Alternatif Siaran BiG TV di JCSAT 4B yang Menghilang
BiG TV adalah salah satu penyedia siaran TV berbayar melalui satelit yang resmi mengudara sejak 9 September 2013. Dioperasikan oleh PT Indonesia Media Televisi yang merupakan anak perusahaan dari Lippo Group.

Layanannya disiarkan melalui satelit JCSAT 4B yang berada di orbit 124° Bujur Timur. BiG TV menjadi viral di kalangan pengguna parabola sejak Juli 2019. Hal ini dikarenakan siaran TV yang awalnya terkunci berubah gratis/ free to air (buka tirai).


Siaran BiG TV di JCSAT 4B Menghilang

Sayangnya di pertengahan bulan Mei ini muncul berita kurang baik. BiG TV akan menghentikan siaran pada tanggal 31 Mei 2020. Satu-satunya transponder yaitu 12490 H 30000 akan dinonaktifkan.

Pengumuman bisa dilihat di website resmi bigtvhd.com. Sekarang Lippo Group lebih fokus dengan layanan TV kabel melalui First Media.
BiG TV menghentikan siaran di satelit JCSAT 4B
Terhitung hampir setahun, BiG TV memberikan banyak siaran menarik seperti Nick Jr, Arirang World bahkan SCTV dan Indosiar. Tidak heran Pay TV ini menjadi favorit pengguna Ku-band selain Ninmedia dan Garmedia.

Faktanya BiG TV memang sudah ditinggalkan para pelanggan setia sejak menghilangnya channel HBO, FOX, Animal Planet dll. Setahun kebelakang hampir semua channel disiarkan free to air yang artinya mereka tidak mendapatkan penghasilan.

Ditambah sekarang persaingan TV satelit makin ketat, belum lagi siaran melalui streaming yang lebih diminati masyarakat milenial. Wajan terbang hanya bisa mengucapkan, Terima kasih BiG TV dan Lippo Group yang sudah menemani kami pecinta FTA selama setahun ini. Semoga usaha kalian bisa berhasil di bidang lain.

Alternatif BiG TV di JCSAT 4B

Dari pada menangisi kepergian BiG TV, lebih baik kita mencari alternatif lain. Salah satu alasan mengapa JCSAT 4B dicari adalah Nick Jr. Channel ini menyajikan banyak program kartun yang disukai anak-anak.

Perlu diingat bahwa Nick Jr adalah channel premium, semua siaran melalui satelit dikunci dan masuk Pay TV. Untuk Indonesia ada dalam K Vision yang gratis 1 bulan (promo), Nusantara HD paket 10 ribu/bulan dan yang FTV ada di Matrix Garuda.

Banyak pengguna Matrix yang mengklaim bahwa masih bisa menyaksikan Nick Jr meskipun tidak berlangganan. Syaratnya harus membeli receiver rekomendasi mereka. Tidak disarankan kecuali benar-benar ingin Nick Jr gratisan. Faktanya banyak kok channel kartun di parabola lainnya. Misal di Net, MNCTV, GTV dan Rajawali TV.


Pertanyaannya apa alternatif BiG TV di JCSAT 4B untuk pengguna Ku-band? Terutama user yang menggunakan receiver non rekomendasi dari Pay TV. Jujur sekarang agak susah mencari gratisan terutama Ku-band, pilihan channel lebih banyak di C-band karena bisa lock TV luar negeri.

1. Ninmedia di Chinasat 11 98°E

Layanan TV satelit ini dikenal sebagai televisi rakyat Indonesia yang memberikan banyak siaran FTA. Sayang mayoritas merupakan channel lokal yang kurang menarik. Tapi tidak ada salahnya lock karena ada Trans TV, Trans7, ANTV, NET, RTV dll.

Sialnya sejak awal Ninmedia sedang sakit, transponder 12560 mengalami gangguan sehingga semua siaran di dalamnya tidak bisa ditonton. Entah sampai kapan perbaikan dilakukan karena hampir sebulan namun tak ada kabar.

2. Garmedia di Measat 3a 91.4°E

Merupakan siaran gratisnya K-Vision yang bisa dinikmati tanpa membeli receiver rekomendasi. Jumlah gratisan tidak sebanyak Ninmedia namun deretan TV Nasional cukup lengkap. Ada Trans 7, Trans TV, Rajawali TV, ANTV, TVRI Nasional dll.

3. Aora TV di Thaicom 4 119.5°E

Merupakan transponder peninggalan Aora TV yang masih aktif hingga sekarang. Jumlah siaran sangat minim dan mungkin menghilang sewaktu-waktu. Kabar baiknya tersedia channel TV Nasional seperti Trans TV, Trans 7, Net, TVRI Nasional dll.

Sekian artikel tentang Alternatif Siaran BiG TV di JCSAT 4B yang Menghilang. Faktanya layanan TV ini sudah berhenti mengudara sehingga tidak bisa dicari kembali. Mau tidak mau kita harus pindah ke lain hati. Sekarang lebih baik pilih receiver rekomendasi terutama untuk pengguna Ku-band. Gratisan udah mulai tumbang satu per satu.
Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel