Frekuensi K-Vision C Band di Palapa D

Frekuensi K-Vision C Band di Palapa D
K-Vision bisa dibilang sebagai salah satu TV satelit berlangganan paling laris saat ini. Memiliki pilihan stasiun TV Nasional yang lengkap. Semua bisa dinikmati gratis asalkan memakai receiver dari K-Vision. Apalagi tahun ini mereka dapat hak siar untuk Liga 1 Indonesia melalui satelit parabola.

Untuk pita frekuensi C, semua saluran TV di K-Vision disiarkan melalui Palapa D. Siaran dienkripsi Conax/ Neotion SHL. Ada channel yang gratis setelah aktivasi receiver (Free to View) dan ada yang harus berlangganan.

Frekuensi K-Vision C Band di Palapa D

Total ada sekitar 38 channel TV dengan 3 radio. Sebagian besar merupakan channel premium seperti Fox Group, Nickelodeon, Nick Jr, Zee Bioskop, Arirang World, BeIn Sports, Nat Geo, Blue Ant dll.
Frekuensi K-Vision di Palapa D
Frekuensi3600
PolaritasVertikal
Simbol Rate31000
Channel NameSIDChannel NameSID
On Channel1My Kidz70
Fox Indonesia2My Cinema71
MTV South East Asia4My Cinema Asia72
Nickelodeon South East Asia6My Family81
Nick Jr Asia7Blue Ant Extreme93
Fox Action Movies8Blue Ant Entertainment94
Fox Family Movies9Trans TV97
Zee Bioskop10ANTV98
Fox Life Asia14Trans 799
National Geographic Asia15BeIn Sports 1 Indonesia 122
Fox Movies Asia17RCTI 175
Fox Crime Asia19MNC TV176
Nat Geo Wild Asia20GTV (Indonesia)177
Arirang World23MNC Shop 79179
Fox Sports Asia25SCTV (Indonesia)182
Fox Sports 3 Asia29Indosiar183
MNC Sports31MNC Sports 2184
Fox Sports 2 Asia32Motion Radio500
Fight Sports42Smart FM501
BeIn Sports 2 Indonesia47Sonora FM 502
Music Information Channel50

Data di atas bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan perubahan paket. Biasanya akan ada pengumuman melalui email ataupun fanspage K-Vision di media sosial. Wajanterbang akan update secepat mungkin jika hal tersebut terjadi.

Terlihat hanya sedikit pilihan channel Indonesia dalam transponder Palapa D milik K-Vision. Jadi apabila kita hanya scan frekuensi K-Vision 3600 V 31000, channel seperti RTV, KompasTV, Net, iNews, tvOne pasti belum ada.

Solusinya adalah scan channel FTA dari satelit Palapa D atau memasukkan frekuensi masing-masing stasiun TV lalu scan. Wajanterbang telah membuat artikel dari setiap channel tersebut di,
Saran untuk pengguna parabola jaring adalah menggabungkan Palapa D dengan satelit lain seperti Asiasat 5, Telkom 4 dll. Tujuannya untuk menambah jumlah siaran yang bisa ditonton. Yang paling mantap itu Asiasat disana banyak siaran feed olahraga dunia.

Ohya jika setelah scan siaran RCTI, GTV, Indosiar, SCTV dkk masih gelap dengan lambang dollar, kalian harus melakukan aktivasi receiver dan paket. Setelah itu seharusnya semua siaran FTV dan bonus channel akan terbuka. Jika bingung, mintalah bantuan teknisi atau toko tempat kalian beli.

Cara Mencari Sinyal K-Vision C-Band

Cara tracking K Vision Palapa D C-band untuk parabola jaring
Palapa D mengorbit di 113° Bujur Timur, letak satelit berada di atas pulau Kalimantan (sesuai gambar di atas). Sinyal C-band memancar kuat menjangkau seluruh Nusantara, seharusnya kita bisa menangkap sinyalnya dengan mudah.

Untuk mencari arah parabola yang tepat sebaiknya gunakan bantuan aplikasi Satfinder atau Dish Pointer. Kalau dari Jawa, arah Palapa D itu mendongak ke atas agak ke utara sedangkan Sumatera agak ke timur.

Frekuensi 3600 V 31000 di atas seharusnya default ada di pengaturan bawaan receiver. Kalau belum ada Palapa D ya tinggal tambahkan sendiri. Setelah mendapatkan kualitas sinyal yang bagus segera scan.

Ohya masalah yang paling sering muncul pada pemula yang nekad pasang sendiri adalah kualitas sinyal tetap 0 meskipun intensitas sudah naik 60%. Wajanterbang telah membahas solusi untuk masalah ini dalam Intensitas Sinyal 60% Tetapi Kualitas Sinyal 0

Sekian artikel tentang Frekuensi K-Vision C Band di Palapa D. Jumlah siaran memang lebih sedikit dibandingkan K Vision di Measat 3a. Hal ini wajar karena di Ku-band ada 2 transponder dan di C-band hanya 1 saja. Beruntungnya satelit Palapa D memiliki deretan channel FTA yang gratis tanpa syarat.
Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel