Cara Nonton Ulang Siaran TVRI Nasional

Cara Nonton Ulang Siaran TVRI Nasional
Sejak tanggal 13 April 2020, siaran TVRI diburu masyarakat Indonesia termasuk pengguna parabola. Semua demi program “Belajar dari Rumah” dari Kemendikbud di masa darurat Covid-19. Program satu ini menayangkan materi pembelajaran sekolah mulai dari PAUD, SD, SMP hingga SMA.

Setiap harinya anak-anak akan mendapatkan materi 30 menit di awali PAUD pada jam 8.00 hingga 8.30. Sialnya jadwal ini kadang berubah sebut saja materi SMA yang semula jam 14.03 dimajukan jadi jam 10.00.

Sebenarnya pihak TVRI dan Kemendikbud dibantu sekolah selalu update jadwal namun tetap saja ada yang kurang update. Solusi terbaik bagi mereka yang ketinggalan siaran TVRI adalah UseeTV dan Vidio. Layanan TV ON Demand ini menyediakan siaran ulang hingga 7 hari kebelakang.

Cara Nonton Ulang Siaran TVRI Nasional

Kita harus memiliki akses internet cepat agar bisa menonton siaran TVRI yang ketinggalan dengan lancar. UseeTV dan Vidio bisa diakses baik itu melalui website di komputer/ laptop ataupun aplikasi handphone. Sedangkan cara nonton siaran ulang TVRI tanpa internet adalah merekam siaran di TV.

UseeTV

Merupakan layanan streaming dari Indihome yang memiliki ratusan pilihan channel. Kebetulan TVRI merupakan salah satu TV yang gratis tanpa harus login akun. Sayangnya kualitas siaran belum HD dan hanya ada resolusi 240p dan 360p.

Berikut ini cara nonton ulang siaran TVRI Nasional di UseeTV (via website).

1. Kunjungi www.useetv.com.
2. Pindah ke menu TV ON Demand (di atas).
3. Cari TVRI di lokal atau skip langkah 1-3 dan langsung menuju www.useetv.com/tvod/tvri.

Perlu diingat bahwa siaran ulang hanya tersedia hingga 7 hari yang lalu. Misalnya hari ini tanggal 15 April 2020, kita hanya bisa melihat siaran yang ketinggalan hingga 9 April (cek gambar di bawah).
streaming TVRI Nasional di aplikasi UseeTV
4. Selanjutnya tinggal memilih siaran apa yang ingin ditonton kembali. Misalnya program Jalan Sesame kemarin. Pindahlah ke tanggal 14 April 2020, cari judul Jalan Sesame yang tayang 08.00 - 08.30. Klik program untuk memulai streaming.

5. Klik tombol Play untuk memulai streaming. Jika terlalu lemot dan sering buffering silahkan ganti resolusi dari 360 ke 240. Seharusnya dengan kecepatan internet 3-4 Mbps sudah cukup untuk streaming UseeTV dengan lancar.
cara nonton TVRI yang ketinggalan di UseeTV
Nah bagi kalian yang ingin mencoba versi aplikasi silahkan download
Kekurangan dari UseeTV adalah resolusi siaran TVRI yang belum HD. Gambar pasti pecah jika ditonton melalui layar lebar seperti komputer, laptop dan smart TV. Alternatif bagi kalian yang ingin resolusi 720p adalah Vidio.

Ohya UseeTV ada banyak channel TV Kids dan Edukasi seperti Da Vinci Learning, Dunia Anak, Horee, DuckTV, Nick Jr, Cartoon Network, Boomerang, Nickelodeon dan DreamWorks. Sayangnya semua channel masuk paket premium.

Vidio

Merupakan layanan streaming video online milik PT Surya Citra Media, anak perusahaan EMTEK yang juga pemilik Indosiar dan SCTV. Konten siaran mulai dari drama, film, ftv dan live stasiun TV Indonesia termasuk TVRI.

Berikut ini cara menonton siaran TVRI yang ketinggalan di Vidio (via website),

1. Kunjungi situs vidio.com, pindah ke live dan pilih TVRI. Simpelnya klik https://www.vidio.com/live/6441-tvri.

2. Scroll ke bawah lalu klik tanggal hari ini misal 15 April 2020. Akan muncul deretan tanggal beberapa hari yang lalu. Walaupun pilihan tersedia hingga tanggal 8 ternyata siaran yang bisa ditonton hanya tanggal 12 April.

Kemungkinan untuk Program "Belajar dari Rumah" di TVRI akan disediakan full 7 hari kebelakang.
cara nonton siaran ulang TVRI Nasional
3. Selanjutnya pilih program yang diinginkan. Cari berdasarkan tanggal dan jam tayang. Misalnya Sahabat Pelangi (Kelas 1-3) yang tayang 14 April 2020 pada jam 8.30 hingga 9.00.

4. Klik nama program untuk mulai streaming. Sebenarnya tersedia resolusi 720p namun kualitas belum HD jadi gambar belum bening. Turunkan resolusi gambar video jika sering buffering. Agar lancar streaming 720p butuh kecepatan internet sekitar 7-8 Mbps.
nonton online siaran TVRI yang ketinggalan di Vidio
Bagi kalian yang ingin mencoba versi aplikasi silahkan download

Satu hal yang menarik di Vidio, ada banyak program yang cocok bagi anak anak. Sebut saja TV Edukasi, Dongeng Kita, Media Anak, Salman & Sofia, Diva The Series, Cerita Rakyat Indonesia dll. Dijamin kuota anda bakal sekarat.

Vidio juga memberikan banyak film gratis agar user betah di rumah dalam menghadapi masa darurat Covid-19. Bagi pengemar channel TV Korea bisa berlangganan Vidio, seri drakornya cukup lengkap lho.

Kelebihan dari nonton di TV ON Demand adalah bisa mengulangi materi yang belum jelas, skip yang tidak perlu seperti iklan, tidak perlu mantengi jadwal dan bisa pause sewaktu-waktu. Kekurangannya butuh koneksi internet yang stabil dan kualitas gambar yang burik.

Pada artikel sebelumnya wajanterbang telah membahas frekuensi TVRI di parabola lengkap dengan cara mencari sinyal yang sulit didapatkan. TVRI Nasional di satelit palapa D memang pelit sinyal, alternatifnya adalah salah satu TVRI Daerah yang ada di Telkom 4.

Baca juga: Frekuensi TVRI Nasional 2020

Bagi wajanterbang program "Belajar dari Rumah" memang bagus namun punya banyak kekurangan. Durasi tiap kelas hanya 30 menit diselingi iklan, ditambah lagi 3 kelas dijadikan satu. Siaran di TVRI jelas tidak bisa menggantikan proses belajar di sekolah. Untuk itu adik-adik juga harus membaca dan mengerjakan buku pelajaran.

Sekian artikel tentang Cara Nonton Ulang Siaran TVRI Nasional. Lebih baik adik-adik memanfaatkan kuota Edukasi 30 GB dari Ruang Guru atau Ilmupedia. Di sana lebih banyak materi yang bisa dimanfaatkan, kalau kuota habis tinggal beli perdana baru.
Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel