Cara Mencari Siaran TV Digital di Antena Biasa

Cara Mencari Siaran TV Digital di Antena Biasa
Bagaimana cara menangkap siaran tv kabel dengan antena biasa? Sebuah pertanyaan menarik yang sedikit membingungkan. Bukankah tv kabel itu menggunakan sistem penyiaran lewat isyarat frekuensi radio yang ditransmisikan melalui serat optik/ kabel coaxial. Tidak seperti siaran TV biasa yang ditangkap dengan antena (wikipedia).

Jadi jawabannya tidak bisa, kita tidak mungkin mendapatkan siaran TV kabel dengan antena biasa. Maksud dari pertanyaan itu kemungkinan siaran TV digital terestrial bukan kabel. Sebuah sistem penyiaran yang akan mengantikan siaran analog.

Seperti kita ketahui migrasi dari siaran analog ke digital sudah sering disosialisasikan Kominfo. Di pasaran banyak TV yang dibekali dengan tuner DVB-T2. Sayangnya hingga sekarang banyak orang yang belum paham cara mencari siaran TV digital.

Set Top Box Siaran TV Digital

Siaran TV Digital Terestrial atau DVB-T2 ini sama dengan analog. Menggunakan transmisi satu arah melalui jaringan transmisi berbasis darat yang dapat diterima antena TV biasa. Pemasangan alat juga sama, bedanya kita butuh Set Top Box DVB-T2. Perangkat tersebut berfungsi untuk mengubah sinyal menjadi gambar dan suara.

Banyak tipe TV terbaru yang otomatis tertanam tuner DVB-T2. Silahkan search saja di toko online dengan kata kunci TV Digital. Misal saja di tokopedia, terlihat banyak TV LED 32 inch harga di bawah 2 juta yang sudah support siaran digital. Setelah memperoleh TV yang cocok, tinggal cari di toko offline terdekat (jangan beli online ongkir TV mahal bos).
decoder tv tanpa berlangganan
Bagi pemilik TV lama yang belum dibekali tuner DVB-T2, solusi terbaik adalah membeli Set Top Box DVB-T2. Polytron, Venus, Xtreamer, Skybox, Getmecom, Ichiko dll. Harga kisaran 200.000 hingga 400.000 rupiah.

Untuk pengguna TV tabung yang hanya support RCA belum HDMI. Pastikan STB yang kalian beli masih menggunakan RCA juga. Jika terlanjur beli yang hanya support HDMI, solusinya adalah konverter HDMI to RCA.

Ohya jangan sampai salah membeli Set Top Box untuk siaran TV satelit. Ingat ya kalau digital terestrial itu ditandai dengan DVB-T2 sedangkan digital satelit itu DVB-S2. Sama-sama digital namun beda antena.

Cara Mencari Siaran TV Digital di Antena Biasa

cara menangkap siaran tv kabel dengan antena biasa
Wajanterbang akan memberikan contoh pemasangan baik itu TV yang tertanam tuner DVB-T2 ataupun yang dipasangkan ke Set Top Box DVB-T2. Berikut ini langkah-langkahnya,
  1. Pasang antena di luar ruangan, kalau perlu dengan tiang tinggi. Tujuannya agar kualitas sinyal lebih bagus. Seperti kita ketahui sinyal digital ini belum merata, arahkan antena ke kota terdekat dimana transmisi berada.
  2. TV tertanam tuner, tinggal pasangkan kabel dari antena langsung ke port di belakang TV.

    TV dengan STB DVB-T2, pasangkan kabel antena ke STB lalu pasangkan kabel RCA (atau HDMI) dari STB ke TV.
  3. TV tertanam tuner, nyalakan televisi lalu masuk menu > program > pencarian channel > digital.

    TV dengan STB DVB-T2, nyalalakan televisi dan STB. Pindahkan siaran dari mode TV ke AV dengan remot TV. Ganti ke remot STB lalu masuk instalasi > pencarian channel.
  4. Tunggu beberapa menit hingga proses scan selesai. Sekian cara memprogram channel TV di digital. Jika dirasa hasilnya kurang memuaskan, silahkan ganti arah antena lalu scan sekali lagi.
Mayoritas kota di Indonesia mungkin hanya mendapatkan 4 channel dari TVRI yaitu TVRI Nasional, TVRI Sports, TVRI 3 dan TVRI Daerah setempat. Selain itu kadang dapat Metro TV serta kanal Trans (TransTV, Trans7 dan CNN).

Alasan inilah mengapa wajanterbang tidak menyarankan buru-buru beralih ke digital. Sebaiknya menunggu dulu jangkauan sinyal terestrial digital sampai di kota anda. Memang kualitas gambar digital lebih bagus dibandingkan analog, namun kalau cuma dapat 4 channel ya sama juga boong.

Digitalisasi di Indonesia memang cukup lambat dibandingkan Malaysia yang sudah mematikan analog tahun lalu. Menurut pernyataan Kominfo Johnny G. Plate, “Persiapan digitalisasi akan selesai selambatnya tahun 2024. Di (tahun) itulah analog mati dan muncul keseluruhan televisi digital” (dikutip dari bisnis.com).

Untuk pertanyaan cara menangkap siaran TV kabel dengan antena, mohon maaf sepertinya tidak bisa dilakukan. Jika ingin siaran berkelas TV kabel, solusinya adalah TV satelit. Banyak kok TV luar negeri yang menayangkan program premium (gratis dengan bantuan PowerVu atau Bisskey).

Sekian artikel tentang Cara Mencari Siaran TV Digital di Antena Biasa. Ternyata prosesnya sangat mudah, yang dibutuhkan adalah Set Top Box DVB-T2. Channel TV digital terestrial pastinya gratis tanpa biaya bulanan seperti halnya siaran analog. Namun perlu diingat TV digital yang kalian dapatkan hanya siaran TV Nasional dan Lokal. Meskipun gambar bagus namun kualitas siaran pasti kalah dengan channel premium.
Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel