Apa itu Pembatasan Hak Siar?

Apa itu Pembatasan Hak Siar
Sering kali kita melihat tulisan Pembatasan Hak Siar pada layar televisi. Misalnya saat ada gelaran MotoGP di Ninmedia. Channel Trans7 yang awalnya normal tiba-tiba menghilang. Apa itu pembatasan hak siar?

Istilah Hak Siar sendiri belakangan sering muncul di media. Dimulai dari Helmy Yahya yang memberikan penjelasan tentang TVRI yang membeli hak siar Liga Inggris. Setelah itu di bulan Februari 2020 terjadi polemik hak siar Liga 1 Shopee antara EMTEK dan MNC Group.

Apa itu Pembatasan Hak Siar

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, hak siar adalah hak seseorang atau instansi untuk menyiarkan sesuatu. Untuk mendapatkan hak siar seseorang atau instansi harus bekerja sama dengan si pemilik siaran.

Hak siar terbagi sesuai platform/ media penyiaran misalnya sinyal terestrial UHF/ Digital, satelit, TV Online dll. Untuk kompetisi populer seperti Liga Sepak Bola Eropa dan MotoGP ada batas wilayah penyiaran.

Agar tidak melanggar hak siar, channel TV menerapkan acakan, menayangkan program pengganti atau tulisan informasi. Sebenarnya wajanterbang sudah menyingung sedikit pada artikel sebelumnya yaitu Cara Mengatasi Tulisan Mengaktifkan Batas.

Contohnya PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang merupakan penyelenggara Liga 1 Indonesia. Tahun ini LIB memberikan hak siar kepada Indosiar dan O Channel di UHF Terestrial. Sedangkan siaran melalui satelit berlangganan dipegang oleh K-Vision.

Oleh karena itu siaran Liga 1 di Indosiar melalui satelit pasti teracak karena pembatasan hak siar. Wajar ya karena Indosiar hanya punya hak siar di UHF Terestrial saja. Jika nekad menayangkan di satelit misal NEX Parabola, Indosiar akan kena sanksi dari LIB karena melebihi batas.

Kasus lain adalah hak siar Liga Inggris, tahun 2020 hak siar untuk wilayah Indonesia dimiliki oleh Mola. Pay TV dengan lambang ikan biru ini kemudian mengandeng TVRI untuk UHF Terestrial dan Matrix untuk Satelit.

Mola terkenal sangat tegas bahkan melarang adanya nonton bareng tanpa ijin. Kalau melanggar siap-siap terciduk dan dikenai pasal hukum. Tahun ini sangat sulit mencari siaran spill-over dari negara tetangga. Untuk mematuhi aturan pembatasan hak siar, banyak saluran TV luar negeri yang menggunakan acakan maut untuk melindungi siarannya.

Harga hak siar siaran sepak bola dunia sangat mahal. Peraturan terkait hak siar harus dipatuhi agar tidak merugikan pemilik hak siar yang sudah mengeluarkan banyak duit. Ohya uang yang didapatkan dari hak siar digunakan untuk penyelenggaraan kompetisi.

Sebut saja Liga Inggris dipatok 9,2 miliar Pounds atau menyentuh 171 Triliun Rupiah per tiga musim. Liga Spanyol sebesar 1,14 miliar Euro atau sekitar 18 triliun Rupiah per musim. Liga Italia harga hak siar sekitar 371 juta Euro atau sekitar hampir 6 Triliun Rupiah untuk seluruh pertandingan dalam satu musim (dikutip dari today.line.me).

Salah satu jurus andalan yang digunakan TV untuk mematuhi aturan hak siar adalah menerapkan acakan. Kalau cuma BISS, pengguna parabola masih bisa membukanya dengan bisskey terbaru. Sialnya sekarang mayoritas TV memilih acakan maut. Sangat sulit mencari cara membuka pembatasan hak siar.

Wajanterbang menyarankan teman-teman berlangganan Pay TV - Official Broadcast Partner dari Liga favoritmu. Toh uang dari hak siar juga digunakan untuk kompetisi agar lebih baik. Ingat yang legal dan resmi selain aman di dunia juga aman di akhirat.

Sekian artikel tentang Apa itu Pembatasan Hak Siar? Saat ini pelanggaran yang paling sering terjadi ada di IPTV dan TV Kabel. Masih banyak pihak yang menayangkan kembali siaran sepak bola dari pemilik hak siar.
Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel