Cara Mengatasi Siaran K Vision Tersendat

Cara Mengatasi Siaran K Vision Tersendat
Banyak pengguna K Vision mengeluhkan siaran lag, suara bisu dan tersendat sendat bak DVD rusak. Kebanyakan orang pasti langsung komplain kepada K-Vision sebagai penyedia layanan TV berlangganan. Jawaban mereka kemungkinan besar adalah kualitas sinyal atau gangguan satelit.

Mayoritas siaran di K-Vision masih Small Defenition (SD). Hanya 1-2 saja yang sudah HD, itupun hanya di jalur Ku-band yaitu RCTI dan BeIn Sports 1 Indonesia. Harap maklum ketika sinyal turun maka gambar langsung pecah-pecah.

Cara Mengatasi Siaran K Vision Tersendat

Untuk menampilkan gambar yang sempurna, TV digital harus menangkap data secara sempurna pula. Kualitas sinyal yang jelek menyebabkan nilai Bit Error Rate (BER) meningkat. Apabila transfer data saja putus putus, bagaimana mungkin proses decode di receiver berjalan lancar?

Ada beberapa penyebab menurunnya kualitas sinyal di parabola K-Vision. Dalam artikel ini wajanterbang akan membahas semua penyebab sekaligus cara mengatasi siaran yang tersendat-sendat bak CD rusak.

Gangguan Hujan/ Mendung

Tidak ada solusi efektif jika siaran K Vision hanya tersendat saat hujan dan kembali cling ketika cuara cerah. Sejak dari dulu siaran TV satelit memang terpengaruh oleh hujan, istilah kerennya Rain Fade.

Yang paling parah terjadi pada pengguna parabola mini dengan LNB Ku-band. Apabila hujan turun dengan deras, sinyal bahkan bisa turun sampai 0%. Kualitas sinyal lebih aman di parabola jaring. Inilah alasan C-band lebih populer di negara tropis dengan curah hujan tinggi seperti Indonesia.

Baca juga: Cara Mengatasi Sinyal Hilang Saat Hujan

Parabola Bergeser

Jika kualitas sinyal tak kunjung naik setelah hujan reda, kemungkinan parabola bergeser karena angin kencang. Untuk parabola jaring, bisa karena ada penyok sehingga baling misal karena kejatuhan buah mangga.

Solusinya adalah repointing ulang, arahkan kembali parabola menuju satelit. Gunakanlah aplikasi android pencari sinyal parabola seperti Satfinder, DishPointer Pro, DVBFinder dll. Kembalikan jaring yang penyok dengan menekan-nekan pakai tangan.

Parabola Terhalang Dahan Pohon

Banyak masyarakat Indonesia yang menanam tanaman di pekarangan. Pohon yang tumbuh terlalu tinggi berpotensi menghalangi parabola untuk menangkap sinyal dari satelit. Sebaiknya potong dahan/ daun yang terlalu dekat dengan parabola.

Solusi lain adalah menaikkan tiang penyangga atau jika memungkinkan taruh di atas. Intinya parabola harus mengarah langsung ke langit dimana satelit berada. Selain itu bersihkan debu kotoran, lumut, karat atau daun yang mungkin jatuh di atas dish.

Siaran buruk dari K-Vision juga bisa disebabkan gangguan siaran di satelit. Ketika ini terjadi semua pengguna K-Vision akan mendapatkan siaran bak CD rusak. Biasanya grup K-Vision di Facebook akan ramai dengan komplain. Untuk memastikan adanya gangguan satelit sebaiknya hubungi CS di whatsapp, call center ataupun sosial media.

Sekian artikel tentang Cara Mengatasi Siaran K Vision Tersendat. Kalau ternyata kualitas sinyal turun hingga 0, kemungkinan kerusakan ada alat tempur. Silahkan baca artikel cara mencari sinyal parabola yang hilang.
Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel