Cara Menonton Liga Dangdut Indonesia di Parabola

Cara Menonton Liga Dangdut Indonesia di Parabola
Beberapa waktu yang lalu siaran Indosiar tiba-tiba menghilang di jam tayang Liga Dangdut Indonesia. Masalah ini terjadi pada layanan MNC Visions Network (MNC Vision dan K-Vision). Penyebabnya adalah pembatasan hak siar. Entah nanti di Ninmedia, TransVision dan Nusantara HD menyusul hilang atau tidak.

Bagaimana cara menonton Liga Dangdut Indonesia di parabola. Haruskah membeli paket premium agar bisa menikmati lagi. Hilang sementara atau selamanya? Sabar dulu wajanterbang akan membahas semua secara rinci.

Cara Menonton Liga Dangdut Indonesia di Parabola

Ajang pencarian bakat untuk mencari penyanyi dangdut terbaik ini diselengarakan oleh stasiun TV Indosiar. Merekalah pemegang hak siar eksklusif, artinya di layanan lain siaran akan teracak atau diisi oleh program pengganti.

Untuk pengguna C-band, Indosiar punya siaran free to air di Palapa D. Masih ada harapan untuk menyaksikan secara gratis setidaknya untuk saat ini. Kebetulan satu satelit dengan K-Vision jalur C-band sehingga tidak perlu geser dish.

Masukkan frekuensi Indosiar di Palapa D ke dalam pengaturan receiver lalu scan ulang.
  • 3835 H 7000 milik Surya Citra Media
  • 4131 H 12250 milik Emtek
Di sisi lain Surya Citra Media dan EMTEK tidak punya siaran FTA di jalur Ku-band. Pengguna K-Vision Cartenz dan Garmedia cuma bisa gigit jari. Di Nusantara HD, TransVision dan Ninmedia saat ini masih aman namun tidak menutup kemungkinan nanti diacak juga.

Berganti receiver jelas bukan pilihan tepat, apalagi banyak pengguna K-Vision yang baru membeli receiver beberapa bulan lalu. Sebenarnya receiver dari K-Vision sudah dibekali dengan teknologi hybrid yang bisa digunakan di C-band dan Ku-band. Sayangnya mayoritas yang lock measat adalah pengguna parabola mini, pasti sulit menangkap sinyal C-band.

Sekarang di TV digital satelit, cara paling aman menonton Liga Dangdut Indonesia 2020 adalah beralih ke NEX Parabola. Indosiar bernaung di bawah EMTEK yang juga memiliki NEX Parabola.  Selain itu ada pilihan siaran Indosiar dengan kualitas HD dengan gambar yang bening.

Alternatif yang lebih mudah adalah streaming online misal di Vidio. Untuk kuota jelas nyedot banyak banget karena LiDa 2020 tayang sekitar 4 jam hampir setiap malam. Lebih cocok bagi yang berlangganan internet bulanan.

Nah bagi pengguna K-Vision yang minim kuota, kuncinya adalah IKHLAS. Mari berdoa semoga jaringan terestial semakin luas karena semua program TV di Indosiar, RCTI, GTV, SCTV dll masih cling di antena UHF.

Hilangnya LiDa di K-Vision sudah wajanterbang prediksi sejak menulis artikel Indonesian Idol Menghilang di Streaming dan Parabola. Besar kemungkinan program RCTI lain seperti Masterchef Indonesia Season 6, Liga Seri A Italia, Miss Indonesia 2020 dan Billboard Musik Awards 2020 juga bakal dieksklusifkan.

Ohya TransVision juga ikut mengeklusifkan siaran TVXQ Korean With Love (K-Wave Februari 2020). Tidak mengejutkan apabila gelaran MotoGP selanjutnya bakal menghilang di K-Vision. Banyak yang bilang ini pembalasan atas pembatasan hak siar Indonesian Idol.

Mudah-mudahan ketiga penyedia layanan TV satelit di atas mau "berdamai" dan mencapai kesepakatan terbaik. Harapannya pengguna K-Vision, NEX Parabola dan TransVision/ Nusantara HD bisa menikmati siaran dari TV Nasional tanpa ribet.

Baca juga: Solusi Siaran MotoGP Diacak di Ninmedia

Siapa yang jadi korban paling parah dari persaingan Pay TV ini? Jawabnya adalah Teknisi, merekalah yang berhadapan langsung dengan pelanggan. Caci maki pasti diterima karena siaran TV milik pelanggan yang teracak.

Sekian artikel tentang Cara Menonton Liga Dangdut Indonesia di Parabola. Saat ini solusi terbaik adalah beralih ke NEX Parabola. Alasannya karena sama-sama bernaung di bawah EMTEK yang memiliki hak siar eksklusif.
Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel