Intensitas Sinyal 60% Tetapi Kualitas Sinyal 0

Bar Intensitas Sinyal 60% Tetapi Kualitas Sinyal 0 persen
Banyak pemula yang bertanya mengapa bar intensitas sinyal 60% tetapi kualitas sinyal 0. Apakah ada peralatan yang rusak? Atau salah pemasangan? Kali ini wajanterbang akan membahas semua berdasarkan komentar para mastah di grup facebook.

Kebanyakan kasus terjadi pada pengguna Ninmedia yang ingin pasang sendiri. Berbeda dengan K-Vision ataupun NEX Parabola yang biasanya dipasangkan oleh teknisi yang mempromosikan Pay TV tersebut.

Intensitas Sinyal 60% Tetapi Kualitas Sinyal 0

Signal Quality masih 0 meskipun Intensity sudah 60 persen
Adalah hal lumrah jika intensitas sinyal 60% namun kualitas sinyal masih 0%. Artinya sinyal belum tertangkap oleh alat tempur anda. Di sisi lain intensitas sinyal yang naik ke 60% ini menunjukkan bahwa LNB dan kabel masih berfungsi baik.

Hal yang harus dilakukan adalah mencari arah satelit yang tepat, contohnya dengan aplikasi android SatFinder. Pastikan tiang tegak lurus agar pengaturan lebih akurat. Lihat gambar di bawah ini yang dilingkari hijau harus lurus ke atas.
Memasang LNB untuk mengatasi kualitas sinyal 0
Buka aplikasi Satfinder anda, pasang parabola menuju arah satelit berdasarkan Azimuth. Naikkan dish parabola sesuai dengan Elevation. Terakhir putar LNB berdasarkan LNB Skew. Langkah detail plus gambar ada di cara menggunakan Satfinder.

Ingat ya beda 1-2° juga beda sinyal yang didapatkan. Kita tidak boleh percaya 100% dengan aplikasi. Silahkan tuning manual dengan mengeser dish parabola ke atas bawah kiri dan kanan (pelan-pelan gesernya). Perlu diingat sekali lagi agar lebih akurat, tiang harus tegak lurus. Kalau perlu gunakan waterpass untuk memastikan.

Pastikan parabola lurus menghadap langit tanpa halangan apapun. Dish kecil untuk Ku-band seperti Ninmedia memang sensitif, tertutup dahan sedikit saja bisa ambyar sinyalnya. Paling parah jika terhalang oleh genteng ataupun tembok, inilah mengapa disarankan memasang di tempat yang tinggi.

Baca juga: Cara Mencari Channel TV yang Hilang

Ohya ada juga teman-teman yang kesulitan ketika menggunakan dish bekas Indovision untuk lock Ku-band. Wajar ya karena dudukan LNB S-Band letaknya agak jauh. Banyak yang mengakali memotong tiang tersebut agar posisi LNB lebih dekat. Ada juga yang memasang kawat tambahan supaya fokus berada di tengah.

Khusus untuk pelanggan K-Vision, pengaturan bawaan receiver itu kadang salah lho. Misalnya kalian mau lock Ku-band dengan parabola mini. Kalau scan satelit yang diberi nama "K-Vision" pasti hasilnya zonk. Wong yang ada di pengaturan adalah frekuensi Palapa D bukan Measat 3a.

Itulah artikel tentang Bar Intensitas Sinyal 60% Tetapi Kualitas Sinyal 0. Kebanyakan kejadian seperti ini karena sinyal belum tertangkap dengan baik karena arah parabola belum tepat. Solusi paling tepat adalah mengeser parabola ke arah satelit menggunakan aplikasi tracking seperti Satfinder.
Seorang pecinta Film yang hobi rebahan sambil streaming ngabisin internet data!
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel