Daftar Channel BiG TV di JCSAT 4B

Daftar Channel BiG TV di JCSAT 4B
BiG TV adalah salah satu penyedia jasa televisi berbayar di Indonesia yang resmi mengudara pada 9 September 2013. Dioperasikan oleh PT Indonesia Media Televisi yang merupakan anak perusahaan Lippo Group.

Pay TV ini disiarkan melalui pita frekuensi Ku dari satelit JCSAT 4B yang dikenal dengan nama JCSAT-13 atau Lippostar-1. Menempati orbit geostasioner 124.0° bujur timur dengan beam yang menjangkau Indonesia dari Sabang, Merauke, Miangas hingga Rote.

Pengguna parabola free to air mulai lock satelit ini karena BiG TV yang buka tirai di bulan Juli 2019. Channel yang awalnya teracak berubah menjadi clear sehingga dapat disaksikan tanpa berlangganan. Walaupun kebanyakan TV lokal tapi lumayan bisa jadi alternatif siaran free to air.

Update Terbaru:
BiG TV telah memberikan pengumuman bahwa mereka berhenti siaran pada 31 Mei 2020. Wajan Terbang mengucapkan "Terima kasih sudah mengratiskan banyak siaran TV menarik sejak tahun lalu". Alternatif lain dari siaran FTA di jalur Ku-band tentu saja Aora TV di Thaicom 4, Garmedia di Measat 3a dan Ninmedia di Chinasat 11.

Daftar Channel BiG TV

Total lebih 32 saluran TV yang menempati satu transponder Ku-band di JCSAT 4B. Semua siaran menggunakan format video MPEG-4, sayangnya yang tersisa hanya kualitas SD saja. Untuk channel HD sudah menghilang lama sekali.

Berikut ini frekuensi BiG TV terbaru yang bisa dibilang sebagai frekuensi terkuat JCSAT 4B untuk wilayah Indonesia. Satelit ini punya beberapa beam, dilihat dari footprint hanya beam SEAsia yang mengcover wilayah Nusantara.
Data Transponder BiG TV di JCSAT 4B 124.0° E
Frekuensi12490 MHz
PolarisasiHorisontal
Simbol Rate30000 kSps / kHz
Channel NameSIDChannel NameSID
Berita Satu News Channel
2Trans TV
65
Karaoke Channel
4Trans 7
67
First Lifestyle
6NET
232
TV Edukasi19Arirang World
236
RT News25Nick Jr Asia
463
Aljazeera English50Sunna TV
593
CCTV 4 Asia51Quran TV
595
CGTN55Da Ai TV Indonesia
629
CNA56MNC News
647
France 24 English57
TVOne
653
TV Parlemen59Jak TV
666
TVRI Nasional
61JTV
667
Metro TV
62
Bali TV
669
SCTV
63
ANTV
671
Indosiar
673
TV Mu
729
Kompas TV
677
TV 9 Nusantara
731
Frekuensi BiG TV FTA sekaligus channel di dalamnya dapat berubah sewaktu-waktu. Wajan terbang akan sesegera mungkin mengupdate artikel ini saat itu terjadi. Data diambil dari situs lyngsat pada September 2019.

Yang paling menarik dari semua siaran adalah Nick Jr Asia, channel kartun untuk anak usia pra sekolah. Celestial Movies Indonesia yang menayangkan film box office. Di sini masih ada Indosiar dan SCTV yang kemungkinan bakal menghilang juga

Cara Tracking JCSAT 4B Ku-Band

Perlu diingat untuk bisa menikmati tayangan BiG TV kita harus menggunakan receiver yang support MPEG-4. Penangkap sinyal cukup dish parabola mini ukuran 60 cm, boleh pakai bekas pay TV dan tentunya LNB Ku band.
jangkauan beam JCSAT 4B Ku-band SEAsia
Satelit ini mengorbit di 124.0° bujur timur artinya di sekitar Sulawesi Utara (lihat peta jangkauan di atas). Arah JCSAT-4B berbeda-beda tergantung tempat anda berada, silahkan gunakan Aplikasi Pencari Sinyal Parabola ataupun website dishpointer.com.

Misal dari Malang, arah JCSAT-4B menurut aplikasi adalah Azimuth (true) 55.4°, Azimuth (magnetic) 54.1°, Elevation 73.7° dan LNB Skew 54.6°. Karena utara itu Azimuth 0° maka 55.4° itu artinya Timur Laut geser dikit ke kanan. Pasang parabola berdasarkan data tsb.

Setelah itu masukkan frekuensi BiG TV 12490 H 30000 di receiver dan lihat kualitas sinyal yang didapatkan. Silahkan geser perlahan dish sambil terus cek hasilnya di layar, usahakan memperoleh SQ terbaik lalu scan.

Sayangnya JCSAT-4B terletak cukup jauh dari satelit Ku-band free to air yang dapat dilock dari Indonesia seperti Measat 3a dengan K-Vision gratis dan Chinasat 11 dengan Ninmedia. Butuh perjuangan untuk menggabungkan dalam satu dish.

Tahun ini memang tahun yang berat bagi mereka yang berlangganan BiG TV, channel premium seperti HBO, FOX, Animal Planet dkk menghilang dan tidak ada pengganti. Kabarnya BiG TV bangkrut, kantor cabang tutup dan banyak karyawan di-PHK pada awal tahun ini.

Saat artikel ini ditulis hanya ada 32 saluran televisi, disiarkan melalui satu transponder yang aktif di satelit JCSAT 4B Ku-band. Padahal paket BiG TV menjanjikan 63 channel premium dalam paket termurah.

Akun di sosial media baik itu Facebook, Twitter dan Instagram terakhir posting pada bulan Januari 2019. Official website pun tidak pernah diupdate. Fakta ini seolah membenarkan isu BiG TV yang berhenti operasional sejak Desember 2018.

Sekian artikel tentang Daftar Channel BiG TV di JCSAT 4B. Terbukti hingga saat ini siarannya masih free to air walau makin hari makin berkurang jumlahnya. Ya nikmati saja gratisan ini sebelum nantinya menghilang semua.
Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel