Channel Kartun di Parabola melalui Satelit

Channel Kartun di Parabola melalui Satelit
Setiap orang tua pasti ingin memberikan tontonan yang menarik bagi anak-anak. Kali ini wajan terbang akan berbagi daftar channel kartun di parabola yang disiarkan melalui satelit baik itu jalur C-band dan Ku-band.

Belakangan ini jarang ada channel kartun 24 jam yang free to air, kalaupun ada pasti bersyarat misal Fix & Foxi di SMV Freesat TV yang harus menggunakan decoder rekomendasi ataupun Horee! di Ninmedia yang gratis setelah pairing kugo.

Alternatif lain adalah menonton channel kartun luar negeri yang acakannya bisa dibuka misal PowerVu dan BISS. Sayangnya kadang bahasa yang digunakan adalah bahasa lokal sana, beruntungnya ada beberapa channel menyediakan subtitle/ dubbing Indonesia.

Daftar Channel Kartun di Parabola

Ok langsung saja kita bahas channel kartun di parabola! Ohya, perlu diingat yang masuk dalam daftar adalah saluran yang full kartun bukan seperti RTV, MNC TV dan GTV yang juga menyiarkan program acara lainnya.

Fix & Foxi

Satelit: ABS 2A 75.0°E
Frekuensi: 12290 V 44000
Keterangan: $SMV Freesat TV, MPEG-4, SD

Channel animasi dari Jerman ini hanya bisa ditonton melalui paket SMV Freesat TV. Sebenarnya gratis namun wajib menggunakan decoder MMP Raja ampat, dalam paket ini ada saluran kartun lain yaitu Spacetoon.

Kebanyakan yang disiarkan adalah animasi petualangan, scifi, persahabatan namun ada juga yang edukatif. Contohnya Heroes of the City, The Fairly OddParents, Fix&Foxi Show dan beberapa judul animasi lama.

Spacetoon

Satelit: SES 9 108.2°E
Frekuensi: 11101 V 45000
Keterangan: FTA Matrix Garuda, MPEG-4, SD

Spacetoon terkenal sering menayangkan kartun yang pernah tayang di TV Nasional seperti Let’s and Go, Ge Ge No Kitaro, One Piece, Ninja Hatori dll. Sayangnya saat ini siarannya banyak diselingi Home Shopping yang konon untuk meningkatkan pendapatan.

Pengguna parabola disarankan lock SES 9 ku-band yang free to air, selain itu Spacetoon masuk paket SMV Freesat TV di ABS 2A bersama dengan Fix & Foxi. Mereka juga sering streaming gratis di fanspage facebook dan youtube.

Animax

Satelit: Measat 3 91.5°E
Frekuensi: 4120 V 29720
Keterangan: $PowerVu, MPEG-4, HD

Merupakan tv berlangganan yang bernaung di bawah Sony Pictures Television. Siarannya full anime dari berbagai genre populer seperti isekai, magic, scifi, komedi, action dan horror. Sangat cocok bagi anda penggemar animasi dari negeri sakura tsb.

Kebanyakan merupakan anime baru yang dirilis 2015+ bahkan beberapa judul ditayangkan pada hari yang sama dengan di Jepang. Kadang ada juga anime lawas untuk bernostagia seperti Inuyasha dan Hunter X Hunter.

Di Indonesia ada beberapa televisi berlangganan yang menyiarkan sebut saja MNC Vision, Skynindo, dan Transvision. Ohya siaran premium Skynindo sering berubah free to air setiap hari Kamis dan Minggu, detail lengkap baca di Frekuensi Skynindo di Chinasat 10.

Cartoon Network

Satelit: AsiaSat 7 105.5°E
Frekuensi: 3960 H 30000
Keterangan: $PowerVu, MPEG-4, SD

Pasti sudah banyak yang tahu channel ini sejak dulu, Cartoon Network dioperasikan oleh Warner Bros. Program utamanya adalah seri animasi yang menargetkan anak sebelum usia remaja, genrenya super hero, sci-fi, petualangan, komedi dan action.

Contohnya The Powerpuff Girls, Oggy The Cockroaches, Running Man Animation, The Amazing World Of Gumball, Ben 10, Teen Titans Go dan masih banyak lagi. Acaranya menarik dijamin bisa membuat anak-anak betah nonton di rumah.

Perlu diingat di Asiasat 7 siaran teracak PowerVu yang cukup sulit dicari. Cara termudah nonton cartoon network di Indonesia adalah berlangganan TopasTV, TransVision dan MNCVision. Sedangkan untuk streaming onlien bisa melalui UseeTV.

Disney Channel

Satelit: Apstar 7 76.5°E
Frekuensi: 3880 H 30000
Keterangan: $PowerVu, MPEG-4, HD

Saluran televisi berbayar ini dimiliki oleh Walt Disney Company. Siarannya cocok untuk anak remaja (10-16 tahun), untuk usia dini Disney sudah punya channel khusus yaitu Disney Junior yang juga ada di satelit Apstar 7.

Channel satu ini menayangkan beberapa animasi yang sudah dikenal anak Indonesia seperti Upin & Ipin, BoBoiBoy Galaxy, Pokemon dan Ejen Ali. Ada juga animasi buatan Disney misalnya Big Hero 6: The Series, Marvel’s Spider-Man, Phineas and Ferb dll.

Perlu diingat siaran di Apstar 7 ini teracak PowerVu jadi harus menggunakan receiver yang support dan tentunya key terupdate. PayTV di Indonesia yang menyiarkan Disney Channel adalah MNCVision dan TransVision. Selain itu masuk ke paket IndiKids dari Indihome dan di FirstMedia juga ada.

Horee!

Satelit: ChinaSat 11 98.0°E
Frekuensi: 12560 V 43200
Keterangan: $Ninmedia, MPEG-4, HD

Horee! adalah channel televisi Indonesia yang menayangkan acara hiburan dan edukatif untuk anak-anak. Ada beberapa animasi karya anak bangsa yang disiarkan seperti Belajar Bersama Diva, Keluarga Somat, Samufly, Dufan Defender, Petok Si Ayam kampung dsb.

Cara termurah untuk menonton channel kartun ini adalah dengan Ninmedia. Horee! masuk ke dalam paket siaran mantul yang gratis selama tiga tahun setelah pairing kugo dengan decoder rekomendasi. Selain itu ada di Skynindo dan K-Vision atau streaming melalui UseeTV.

CBeebies

Satelit: Measat 3 91.5°E
Frekuensi: 3840 V 29720
Keterangan: $PowerVu, MPEG-4, HD

Saluran TV ini menargetkan penonton dari kalangan anak kecil usia dini. Tidak heran jika kebanyakan program acaranya selain menghibur juga edukatif, cocok mendukung tumbuh kembang buah hati anda.

Contoh acara yang sudah dikenal masyarakat Indonesia adalah Teletubies. Selain itu ada Cadet Rescue, Go Jetters, Hey Duggee dll. Ohya Cbeebies merupakan bagian dari BBC (British Broadcasting Corporation). MNC Vision menyiarkan channel ini dalam Kids Pack.

Akhir Kata

Perlu diingat walaupun sama-sama animasi namun ada program yang kurang cocok untuk anak usia dini. Yang paling tepat adalah kartun bertema edukatif seperti Tayo the Little Bus, Dora the Explorer dan Belajar Bersama Diva.

Sedangkan untuk animasi seperti Masha and the Bear dan Crayon Shinchan, orang tua harus selalu mendampingi dan menjelaskan mana yang patut dicontoh atau tidak. Jangan menyalahkan kartunnya jika anak anda nakal seperti Masha atau Shin-chan.
daftar channel kartun parabola gratis
Tahu ga sih kalau menyebut Upin & Ipin, Spongebob Squarepants atau Doraemon sebagai kartun sebenarnya kurang tepat. Yang benar adalah animasi (animation) yang dalam bahasa jepang disebut anime.

Alasannya karena pengertian kartun adalah gambar dengan penampilan lucu dari sebuah peristiwa. Sedangkan animasi adalah gambar bergerak yang terbentuk dari beberapa gambar yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan tertentu.

Sekian artikel tentang Channel Kartun di Parabola melalui Satelit. Tayangan animasi memang menarik namun jangan sampai lupa waktu ya. Banyak hal di luar sana yang lebih bermanfaat dibandingkan duduk nonton televisi di rumah.
Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel