Biss Key TVRI Hari ini + Penjelasan!

mengapa biss key TVRI hari ini tidak bisa
Seperti biasa siaran olahraga di parabola pasti diacak, tak terkecuali Televisi Republik Indonesia (TVRI). Saat itu terjadi channel akan menghilang dengan layar televisi gelap. Spontan kita pasti langsung mencari biss key TVRI hari ini di internet.

Sayangnya sekarang sulit sekali mendapatkan deretan angka dan huruf yang dapat membuka acakan jenis BISS tsb. Admin fanspage facebook yang biasanya share pun tak terlihat berbagi bisskey, hanya posting jadwal pertandingan saja.

Mencari di google pun percuma, situs-situs di luar sana hanya membagikan biss key TVRI lama yang pasti tidak bisa digunakan. Mengapa ini terjadi? Bagaimana cara menonton siaran TVRI yang teracak? Jangan jangan ganti frekuensi?

Penjelasan Tentang Biss Key TVRI

Sebelum mencari dan memasukkan bisskey, kita harus memastikan dulu apakah benar acakannya menggunakan BISS (Basic Interoperable Scrambling System). Pasalnya diluar sana ada banyak jenis enkripsi lain sebut saja Tandberg, PowerVu, Conax, Xcrypt, CryptoWorks, Irdeto dll. Masing-masing punya key pembuka yang berbeda.

Alasan mengapa biss key TVRI terbaru tidak bisa digunakan adalah acakannya bukanlah BISS. Sekarang televisi nasional dari Indonesia ini menggunakan scrambling xcrypt. Pengguna parabola sering menyebutnya sebagai acakan maut.

Buktinya silahkan cek di link ini, dalam situs tersebut terlihat informasi tender "Pengadaan Peralatan Scrambling Xcrypt" yang sudah selesai di bulan Juli 2019 kemarin. Pemenang tender adalah GLOBAL BROADCAST SUPPLY dengan nilai harga penawaran mencapai Rp. 1.460.382.000.
bukti TVRI yang berubah dari biss key ke acakan xcrypt
Sejak akhir Juli atau awal Agustus siaran olahraga TVRI menerapkan acakan xcrypt yang hingga saat ini sulit dibobol. Perlu diingat hanya key dari BISS, PowerVu dan Tandberg saja yang sering dibahas penggemar siaran satelit melalui parabola.

Belum ada receiver yang dapat membuka xcrypt untuk umum. Memang ada beberapa receiver menyediakan menu untuk memasukkan key tapi belum terbukti dapat membongkar xcrypt sesungguhnya. Kalau sudah bisa dibobol, namanya bukan acakan maut dong.

Alasan TVRI Teracak Saat Siaran Olahraga

Apni Jaya Putra merupakan Director of Program and News Affair TVRI. Beliau angkat bicara melalui akun twitter @Apni untuk menjawab cuitan netizen yang protes terhadap penggunaan acakan maut menggantikan biss key.

Alasan utama mengapa siaran channel TVRI yang awalnya Free To Air menjadi teracak saat event olahraga adalah kontrak siaran. TVRI hanya memegang lisensi menyiarkan untuk wilayah Indonesia melalui sinyal terestrial bukan lewat parabola.

Televisi Republik Indonesia wajib mematuhi kontrak siaran. Pengadaan acakan xcrypt diharapkan dapat mencegah tayangan meluber ke parabola, pay TV dan OTT. Contohnya liga Inggris dan kualifikasi piala dunia 2022, TVRI digandeng Mola TV untuk sinyal terestrial saja.

Ingat ya Mola memiliki siaran melalui satelit parabola dengan menggandeng Matrix. Mola juga menerapkan acakan dengan tujuan tidak meluber ke negera tetangga. Di Malaysia, Thailand, Vietnam dan lainnya sudah punya TV dengan hak siar masing-masing.

Baca juga: Frekuensi Mola TV di Matrix Garuda

Dari penjelasan di atas kita tahu bahwa penggunaan acakan xcrypt lebih ke tingkat keamanan dari potensi penyalahgunaan untuk redistribusi di wilayah komersial. Tidak ada pemilik right yang mengizinkan penggunaan bisskey dan jenis CW lainnya.

Pertandingan olahraga adalah industri, ada lisense yang harus dibeli. Semua ini bisnis yang melibatkan banyak uang, menyelenggarakan sebuah event olahraga juga butuh dana yang tidak sedikit.

Tak usah ambil pusing masalah ini, lebih baik mencari cara lain. Banyak kok satelit negara tetangga yang siarannya sampai Indonesia bahkan kadang masih FTA walau ada siaran bola Timnas. Misal Thairath TV dari Thailand, RTM dari Malaysia, VTV dari Vietnam dll.

Alternatif lain menyaksikan siaran olahraga adalah feed yang disiarkan melalui satelit Asiasat 5. Kualitas video bahkan lebih cling dibandingkan TV Nasional, acakan yang digunakan biasanya BISS namun kadang ada yang pakai codec 4.2.2.

Baca juga: Cara Memperkuat Sinyal Feed Asiasat 5

Akhir Kata

Masyarakat yang tinggal di daerah belum terjangkau sinyal terestrial tentunya kecewa dengan penggunaan xcrypt menggantikan bisskey. Apalagi dalam informasi pengadaan tender di atas mereka menggunakan dana dari APBN yang merupakan duit rakyat.

Semoga setelah siaran di parabola aman, TVRI lebih fokus membangun pemancar baru agar sinyal terestrial baik UHF dan Digital makin luas jangkauannya. Rakyat kecil yang tinggal di pelosok bisa menikmati pertandingan olahraga gratis melalui stasiun TV Nasional kebanggaan Indonesia.

Sekian artikel tentang Biss Key TVRI Hari ini. Terbukti kode yang beredar saat ini sudah tak bisa digunakan untuk membuka siaran olahraga di TVRI baik itu sepakbola, badminton dan berbagai cabang lainnya. Wong sekarang pake Xcrypt gitu lho!
Seorang pecinta Film yang hobi rebahan sambil streaming ngabisin internet data!
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel