Apa itu Sun Outage pada Siaran TV Satelit?

apa itu SUN Outage atau gerhana satelit
Beberapa waktu yang lalu banyak penikmat siaran TV satelit yang mengeluhkan tiba-tiba kehilangan sinyal di siang hari. Padahal alat tempur terpasang dengan baik, tidak ada kabar perubahan frekuensi dan cuaca pun cerah. Apa yang terjadi?

Penyebabnya mungkin Sun Outage, distorsi pada sinyal satelit geostasioner yang dikarenakan oleh gangguan radiasi matahari. Situasi ini terjadi ketika bumi, satelit dan matahari berada dalam satu garis lurus. Banyak orang yang menyebutnya sebagai gerhana satelit karena situasinya mirip dengan gerhana.

Masalah hilangnya sinyal muncul saat Equinox, fenomena astronomi ketika matahari melintasi garis khatulistiwa. Terjadi setiap tahun pada bulan Februari-Maret saat matahari bergerak dari utara ke selatan dan September-Oktober saat matahari bergerak dari selatan ke utara.

Ketika terjadi Equinox matahari-satelit-bumi berada dalam satu garis lurus. Seperti kita ketahui satelit geostasioner adalah sebuah satelit yang mengorbit di atas ekuator (khatulistiwa) pada ketinggian 36 ribu km dari permukaan bumi.

Radiasi matahari yang kuat dapat menginterferensi frekuensi gelombang mikro yang digunakan oleh satelit komunikasi baik itu C-band dan Ku-band. Hasilnya pengguna parabola tidak bisa menikmati siaran televisi seperti biasanya.

Baca juga: Cara Mengatasi Sinyal Hilang Saat Hujan

Sun Outage atau Sun transit atau Sun fade ini tak hanya berdampak pada siaran TV saja tapi juga handphone, radio dan data internet. Sebagian besar dari kita mungkin tak pernah menyadarinya karena hanya berlangsung beberapa menit saja. Fenomena tahunan ini terjadi antara jam 11.00 dan 12.15 siang.

Perbedaan waktu terjadinya gerhana satelit tergantung pada lokasi satelit geostasioner dan penerima sinyal itu sendiri. Sehingga Asiasat 5 tidak akan mengalaminya bersamaan dengan Intelsat 19. Bisa saja di India kehilangan sinyal tapi yang di Indonesia masih dapat nonton seperti biasa.
Penjelasan mengapa sinyal satelit hilang saat Sun Outage
Penyedia siaran televisi melalui satelit biasanya selalu menginformasikan terjadinya gerhana satelit ini di fanspage FB ataupun siaran. Pengguna parabola pun sering membicarakannya di bulan Maret dan September setiap tahunnya.

Sekian artikel tentang Apa itu Sun Outage? Semoga bisa menjawab kebingungan teman-teman pengguna parabola yang tiba-tiba kehilangan sinyal satelit. Tak perlu mengutak atik alat tempur dan settingan di receiver, cukup tunggu beberapa menit saja.
Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel