Cara Mengatasi Tulisan Mengaktifkan Batas pada Parabola

Cara Mengatasi Tulisan Mengaktifkan Batas pada Parabola
Banyak orang belum tahu arti tulisan mengaktifkan batas yang muncul saat menonton siaran di parabola. Ketika ini terjadi channel TV tidak bisa ditonton seperti biasanya. Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya?

Perlu diingat masalah seperti ini dapat terjadi di berbagai stasiun TV seperti Indosiar, Net, RCTI, GTV, TV One, MNC TV, Inews dll. Paling sering muncul saat ada pertandingan olahraga (sepakbola, tinju, voli dll). Khusus untuk RCTI biasanya gelap mulai sore hingga malam dan kembali normal pada jam-jam lainnya.

Tulisan Mengaktifkan Batas di TV

Arti dari tulisan ini adalah siaran terenkripsi algoritma tertentu sehingga tidak bisa dibuka, lebih populer dengan istilah "siaran teracak". Untuk membukanya harus memiliki kode yang digunakan untuk mendeskripsi acakan dan receiver yang mendukung.

Misalnya CNC di satelit Apstar 6C yang sebenarnya Free To Air. Saat ada pertandingan Liga Inggris pasti siarannya menghilang dan muncul tulisan mengaktifkan batas. Hal ini disebabkan siaran tsb diacak dengan BISS (Basic Interoperable Scrambling System). Kita dapat membuka acakan dengan Bisskey pada receiver yang support BISS.

Kasus lain contohnya tayangan PayTV, sebut saja lock TransVision padahal tidak membeli paket. Hasilnya tayangan gelap dengan lambang $ (dollar) yang artinya scrambled (teracak). Jenis acakan yang dipakai Irdeto, saat ini satu-satunya cara menghilangkan adalah berlangganan TransVision dan receiver khusus.

Dua jenis enkripsi yang paling sering dishare dalam grup pecinta parabola adalah Biss dan PowerVu selain itu kadang ada Tandberg dan Xcrypt. Sedangkan acakan PayTV seperti Conax, Irdeto, ABV, StarGuide, Videoguard dll mustahil dibuka kecuali kita berlangganan PayTV lengkap dengan receivernya.

Perlu diingat cara LEGAL untuk membuka tulisan mengaktifkan batas adalah ya membeli paket PayTV. Bagi yang ingin nonton MNC Group disarankan membeli receiver K-Vision seperti Bromo, Cartenz ataupun GOL. Konon satu kali membeli paket langsung bisa nonton RCTI, GTV dan MNC TV hingga 2034 tanpa memperpanjang (kebijakan mungkin berubah).

Ohya jaman sekarang ada lho paket siaran premium yang dapat dinikmati tanpa harus membeli paket, sebut saja SMV Free Sat yang hanya perlu membeli receiver MMP Raja Ampat. Selain itu ada paket siaran premium Mantul di Ninmedia yang gratis setelah pairing Kugo dengan STB rekomendasi.

Sekian artikel tentang Cara Mengatasi Tulisan Mengaktifkan Batas pada Parabola. Tulisan di atas hanya sedikit gambaran tentang enkripsi siaran, lebih detailnya tanyakan ke ahli Kriptografi ataupun teknisi parabola handal.
Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel