Frekuensi Satelit Apstar 6c C-Band Terbaru

Frekuensi Satelit Apstar 6c C-Band Terbaru
Satelit Apstar 6c dioperasikan oleh APT Satellite Holdings Ltd berada di 134° bujur timur. Pita frekuensi C telah mengcover seluruh wilayah Indonesia sedangkan Ku Band hanya sampai ujung Sumatera. Apa frekuensi satelit Apstar 6 terbaru?

Pertama kali mengudara 4 May 2018, sayang sekali tidak ada siaran TV Nasional Indonesia. Alasan utama mengapa apstar 6c dilock oleh tracker Indonesia adalah untuk menonton CTN, My TV dan CNC yang free to air. Ketiga saluran televisi dari Kamboja ini sering menayangkan pertandingan bola dunia.

Frekuensi Satelit Apstar 6c

Untuk C-Band selain ada tiga TV di bawah naungan Cambodian Broadcasting Service (CBS) yang telah disebutkan di atas, ada channel TV dari Kamboja lain seperti TV 3, PNN, CTV 8 dan program dari Great Wall.

Sedangkan Ku-Band tidak ada yang menarik perhatian tracker asal Indonesia, kebanyakan tayangan dari negara Cina seperti China National Radio, CEN TV dan tiga transponder yang ditempati oleh CBTV Sat. Berikut ini adalah daftar lengkap channel dan SID.
Data Transponder Great Wall di Apstar 6C
Frekuensi3920
PolaritasHorisontal
Simbol Rate30000
Channel NameSIDChannel NameSID
Dim Sum TV1Beijing TV International Channel17
CNC World Chinese2Dragon TV International19
CCTV 4 Asia3Shenzhen Satellite TV International21
CNC World English4Fujian Straits TV27
CCTV Entertainment7Great Wall Fresh28
CGTN8Great Wall Elite29
HKS TV10Zhejiang Satellite TV International31
China Movie15Hunan TV International 32
Data Transponder CBS
Frekuensi4051
PolaritasHorisontal
Simbol Rate9628
Channel NameSIDChannel NameSID
CTN (Cambodia)1My TV (Cambodia)3
CNC2

Data Transponder Lain
ChannelFrekuensi
TV 3 (Cambodia)3919 V 1200
PNN4032 H 2688
CTV 84043 H 2800
Data frekuensiApstar 6c C-Band di atas diambil dari situs lyngsat.com yang mungkin akan berubah sewaktu-waktu. Untuk Ku-Band sengaja tidak ditambahkan karena saat ini tidak ada siaran yang menarik hati.

Tracking Satelit Apstar 6c

Beam C-Band sudah menjangkau seluruh wilayah Nusantara, di mana saja asal masih di Indonesia pasti bisa menangkap sinyal. Kalau ternyata gagal berarti arah dish belum tepat atau alat tempur kurang jos. Sebagai bukti silahkan lihat gambar di bawah ini,
tracking satelit apstar 6c 134.0°E
Terlihat di peta bahwa satelit ini berada di 134.0°E yang berada di ujung barat pulau Irian (ditandai lambang satelit merah). Arah satelit Apstar 6c berarti ke Timur, untuk lebih jelas lebih baik menggunakan bantuan aplikasi android ataupun website tracking.

Kali ini wajanterbang akan mencontohkan dengan situs dishpointer.com untuk tracking dari Surabaya. Cara menggunakannya silahkan menuju situs, pilih satelit, klik your location dan terakhir Search. Otomatis akan muncul data setup seperti Azimuth, Elevation dan LNB Skew.
arah satelit apstar 6c dari surabaya
Di receiver tambahkan Apstar 6c dengan letak bujur 134°E, gunakan frekuensi terkuat 4051 H 9628. Setelah itu tuning manual dengan mengerakkan dish perlahan-lahan hingga mendapatkan kualitas sinyal maksimal.

Terakhir tinggal scan Transponder dari CTN, CNC dan My TV atau cukup blind scan Apstar 6c. Siaran dari ketiga stasiun TV tsb memang free to air namun saat ada pertandingan bola sering diacak. Kabar baiknya jenis enkripsi yang digunakan adalah BISS sehingga dapat dibuka dengan bisskey terbaru.

Baca juga: Cara Nonton Bola di Parabola yang Diacak

Sekian artikel tentang Frekuensi Satelit Apstar 6c C-Band. Sayang sekali tayangan CTN dkk di satelit satu ini baru standar DVB-S dengan format gambar MPEG-2 SD. Mudah-mudahan kedepannya ada upgrade kualitas namun tetap free to air.
Seorang pecinta Film yang hobi rebahan sambil streaming ngabisin internet data!
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel