Cara Menggunakan Satellite Pointer

Cara Menggunakan Satellite Pointer
Satellite Pointer adalah aplikasi android untuk tracking satelit parabola yang dikembangkan oleh Cappsule. Tersedia gratis di PlayStore namun untuk fitur lengkap harus upgrade. Bagaimana cara menggunakan Satellite Pointer?

Aplikasi ini membantu mengarahkan parabola langsung ke langit dimana satelit berada dengan mode Augmented Reality (AR) View. Pengaturan dilakukan dengan perhitungan azimut, sudut elevasi dan polaritas berdasarkan lokasi anda berada dan posisi satelit. Hal ini didukung teknologi GPS dan kompas yang ada di smartphone.

Keunggulan Satellite Pointer dibandingkan para pesaingnya adalah Dish Aligning Mode. Dengan mengikuti empat langkah sederhana, semua orang dapat mengarahkan dish ke satelit. Sayangnya untuk mendapatkan fitur ini, pengguna harus membeli versi PRO seharga Rp. 69.000.

Cara Menggunakan Satellite Pointer PRO

Pertama silahkan download di PlayStore, simpelnya klik link ini. Unduh dan tunggu proses instalasi selesai.

Saat pertama kali dibuka, aplikasi pasti meminta pengguna memberikan lokasi terkini. Disarankan memilih Otomatis untuk handphone yang support GPS dan Manual bagi yang belum.

Selanjutnya mengupgrade aplikasi dengan klik menu Settings, Upgrade to PRO version dan klik BUY. Apakah wajib membeli? Tidak kok, jika memutuskan pakai versi Free loncat ke tutorial paling bawah.

Pilih menu List, database Satellite Ponter memiliki lebih dari 200 satelit geostasioner yang mengorbit mengitari bumi. Warna hijau disamping nama satelit artinya bisa ditracking karena masih satu horison sedangkan merah tidak dapat dijangkau.
Memilih satelit Target di Aplikasi Satellite Pointer
Sebagai contoh pilih Chinasat 11 98°E untuk tracking Ninmedia, kita akan langsung diarahkan ke jendela baru berisi data azimuth, elevation, polarization dan status bisa tidaknya satelit dilock dari lokasi anda.

Klik Align Dish untuk memulai empat langkah mudah memasang parabola,

1. Locate the Satellite (Temukan letak satelit)
Mengarahkan parabola ke satelit
Pertama ikuti arah panah sampai menemukan gambar satelit layar handphone. Tujuan dari langkah ini adalah menemukan lokasi terbaik untuk memasang parabola, pastikan tidak terhalang dahan pohon dan bangunan.

2. Adjust Azimut (Menyetel Azimut)
Mengatur Azimuth
Aplikasi akan membantu mendapatkan arah satelit yang tepat. Berputarlah hingga arah anda sesuai dengan azimuth letak satelit, tandanya adalah garis hijau di aplikasi yang sejajar. Atur dish mengikuti arah yang ditunjukkan oleh Satellite Pointer.

3. Adjust Elevation (Mengatur Derajat Elevasi)
Menyesuaikan Sudut Elevasi
Fungsinya adalah mengatur kecondongan parabola, sudut yang tepat ditandai dengan garis hijau. Pastikan tiang parabola tegak lurus supaya perhitungan tidak meleset.

4. Adjust Polarization (Menyesuaikan Polarisasi)
Menyetel Polarization
Putar LNB sesuai dengan sudut yang diberikan. Pengguna disediakan gambaran arah yang tepat, berbeda dengan aplikasi lain yang kadang membingungkan terutama derajat positif dan negatif.

Setelah itu tinggal klik done. Pastinya kualitas sinyal masih belum maksimal, silahkan melakukan tuning manual dengan mengeser geser parabola perlahan sambil cek sinyal yang didapatkan. Terakhir kencangkan semua baut agar dish tidak mudah berubah posisi.

Tracking dengan Satellite Pointer Gratisan

Perlu diingat jika menggunakan aplikasi versi gratis, kita tidak bisa mengakses Dish Align dan menambahkan satelit baru. Tak perlu khawatir, kita masih dapat menemukan lokasi satelit dengan AR View.

Pertama silahkan masuk ke List, pilih satelit yang ingin ditargetkan. Misal Palapa D 113°E sehingga memperoleh informasi berikut ini,
  • Azimuth 11.6°
  • Elevation 80,78°
  • Polarization -11,49°
Tracking dengan Satellite Pointer versi Gratis
Silahkan buka menu AR View, fokus ke pojok kiri bawah yang menunjukkan arah anda menghadap saat ini. Berpindahlah posisi sesuai dengan informasi di atas yaitu Azimuth 11.6° dan elevation 80,78°.

Perlu diingat Utara itu Azimuth 0 derajat, 11.6° artinya utara agak geser ke timur. Selanjutnya arahkan handphone ke atas sekitar 80,78°. Pasti kita akan kita menemukan satelit Palapa D di deretan satelit lainnya. Terakhir geser LNB sebesar 11,49° ke arah kanan.

Sekian artikel tentang Cara Menggunakan Satellite Pointer. Terbukti sebenarnya fungsi dari aplikasi satu ini tidak jauh berbeda dengan yang lain. Kelebihannya adalah menu yang lebih user-friendly sehingga mudah digunakan oleh seorang pemula sekalipun.
Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel