Cara Menggunakan DishPointer Pro

Cara Menggunakan DishPointer Pro
Para tracker Indonesia pasti sudah mengetahui situs dishpointer.com yang dapat digunakan untuk mencari posisi satelit. Mengikuti perkembangan jaman, developer merilis versi aplikasi dengan nama yang sama untuk android dan iOS. Bagaimana cara mengunakan DishPointer Pro?

Satu hal yang menarik sekaligus berani, aplikasi tersebut hanya tersedia dalam versi PRO. Tidak ada versi gratis seperti Satfinder ataupun Satellite Pointer. Harga yang dipatok lumayan mahal yaitu 210.000 rupiah.

Fitur dari DishPointer Pro

Apa kelebihan aplikasi tracking satelit satu ini sehingga dibanderol 3-4x lipat harga aplikasi premium lainnya?

Pertama silahkan beli di Playstore atau Appstore, unduh dan tunggu pemasangan selesai. Buka aplikasi lalu beri izin untuk mengakses lokasi terkini dan kamera. Otomatis kita akan menggunakan Augmented Reality dengan kamera belakang.

Mari pahami dulu apa yang muncul di layar,
  • Sat = bujur posisi sebuah satelit
  • Elev = derajat elevasi untuk tracking satelit
  • Skew by = putaran LNB 
  • Lat = Latitude lokasi kita berdasarkan GPS
  • Lon = Longitude lokasi kita berdasarkan GPS
  • Heading (true) = True azimuth dari posisi menghadap
  • Heading (mag) = Magnetic azimuth dari posisi menghadap
Jadi misal kita berdiri menghadap ke barat agak ke utara, ternyata aplikasi menunjukkan Sat 98.9°E, Elev 72.8° dan Skew by -58.1°.
Tracking satelit 98 derajat bujur timur
Satelit apa yang letaknya mendekati 98.9° bujur Timur? Jawabannya adalah Chinasat 11. Sebagai bukti silahkan mendongak sekitar 72.8°, hasilnya terlihat Chinasat 11. Selain itu ada deretan satelit lain yang letaknya berdekatan.
tracking Chinasat 11 dengan aplikasi android
Deretan satelit ini dapat digunakan sebagai gambaran kalau ingin lock lebih dari dua satelit dalam satu dish. Lihat screenshot di atas, terlihat Chinasat 11 dekat sekali dengan Measat 3a. Kesimpulannya Ninmedia bisa sepiring dengan Garmedia K-Vision.

Nama satelit yang muncul tergantung apa yang dipilih di menu "List", disarankan menambahkan satelit yang mudah dilock dari Indonesia lainnya seperti Palapa D, Telkom 4, Telkom 3s, Measat 3a, JCSAT 4B, Thaicom 5 dll.
cara menambahkan satelit di List
Baca juga: Daftar Satelit Ku Band dari Barat ke Timur

Cara Menggunakan DishPointer Pro

Biar lebih paham, wajanterbang akan memberikan contoh tracking Palapa D. Satelit favorit pengguna C-Band ini berada di 113.0° bujur timur, silahkan berputar hingga Sat mendekati 113.0°E. Pasang parabola menghadap arah tersebut.
mencari arah satelit 113 E
Atur dish sedikit mendongak sesuai dengan angka yang ditunjukkan di Elev, untuk memastikan angkat handphone hingga menemukan Palapa D. Ohya di 113.0°E ada satelit lain yaitu Koreasat 5A (Mugungwha 5A, Hayasat).
mengarahkan parabola ke Palapa D dengan aplikasi
Selanjutnya putar LNB sesuai dengan yang ditunjukkan di Skew by. Masukkan frekuensi terkuat di receiver, silahkan tuning manual untuk mendapatkan Signal Quality terbaik. Terakhir tinggal blind scan satelit Palapa D.

Sekian artikel tentang Cara Menggunakan DishPointer Pro. Menurut wajanterbang harga Rp.210.000 itu terlalu mahal, tidak sebanding dengan fitur yang diberikan. Augmented Reality sendiri sudah banyak ditemui di aplikasi tracking lainnya. Disarankan membeli aplikasi lain kecuali anda banyak uang nganggur.
Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel