Penjelasan Lengkap tentang Aplikasi Kugo Ninmedia

Penjelasan Lengkap tentang Aplikasi Kugo Ninmedia
Kugo adalah aplikasi android untuk mendukung layanan Ninmedia. Dirilis menggantikan X-media, awalnya dinamakan GoKu yang artinya Go Ku-band. Kebanyakan orang menginstall aplikasi ini untuk mendapatkan siaran gratis setelah pairing STB rekomendasi Ninmedia.

Kali ini wajan terbang akan menjelaskan aplikasi Kugo secara detail mulai dari cara daftar, fungsi masing-masing fitur dan menu. Silahkan gunakan daftar isi di bawah ini untuk membantu anda mencari informasi yang diinginkan.


Registrasi Akun Kugo

Pertama silahkan mengunduh aplikasi Kugo di Playstore, ingat yang asli diupload oleh Mata Kreasi Labs. Selanjutnya tunggu proses instalasi selesai lalu buka Kugo, otomatis aplikasi akan meminta izin akses media penyimpanan.

Pilihlah akun google yang digunakan untuk login Kugo (pengguna Xmedia bisa menggunakan akun lama). Bacalah syarat dan ketentuan, jika sudah membaca, memahami dan menyetujui maka klik tombol centang di pojok kanan bawah.
cara mendaftarkan akun kugo Ninmedia
Masukkan nomor handphone, nantinya nomor ini bisa juga digunakan untuk layanan via whatsapp.

Di halaman Home, pilih menu Profil (di bawah) dan lengkapi data mulai dari jenis kelamin, tempat & tanggal lahir, alamat lengkap dan kelurahan/ kecamatan/ kota/  kode pos.

Untuk alamat lengkap akan dipandu oleh peta google sehingga hasil lebih akurat. Arahkan icon rumah berwarna hijau tepat dimana lokasi anda berada atau simpelnya klik tombol rumah. Jika data sudah benar terakhir klik Next (icon kertas dengan tanda panah).

Selamat akun Kugo anda sudah dapat digunakan untuk pairing STB rekomendasi, top up saldo dan mengaktifkan paket siaran Mantul atau membeli Tiviplus. Untuk menjadi teknisi kita harus melengkapi data diri termasuk nama toko, alamat dan tentunya Foto SIM/ KTP. Tunggu verifikasi dan tambahkan daftar layanan yang disediakan.

Di awal 2019 ini banyak orang yang mengeluhkan aplikasi yang error/ menutup sendiri (force close) saat mengisi alamat. Bug ini sudah diperbaiki sejak update pada 16 Agustus 2019. Kalau masih error silahkan coba di handphone lain, sepertinya Kugo kurang compatibel dengan sistem android terbaru.

Penjelasan Fitur Aplikasi Kugo

fitur dari aplikasi Kugo dari Mata Kreasi Labs
Kugo bisa dibilang sebagai aplikasi multi fungsi, pengguna Ninmedia sangat disarankan untuk download. Tentu saja alasan utama adalah paket siaran Mantul yang gratis hingga 3 tahun ke depan setelah pairing.

1. Toko & Teknisi

Berfungsi untuk mencari toko ataupun teknisi terdekat dari rumah anda. Caranya cukup pilih menu Toko&Teknisi, pilih "Pesan Perangkat" untuk pemasangan antena Ninmedia.
cara mencari tekniksi untuk Ninmedia di aplikasi Kugo
Kita akan menuju peta google, tandai dimana rumah anda lalu klik Next. Pastikan alamat sudah benar dan Lanjutkan. Kugo otomatis akan menunjukkan daftar teknisi terdekat yang terdaftar di Ninmedia. Data yang diberikan berupa foto profil, nama, jarak, perkiraan biaya dan rating.

Silahkan klik teknisi pilihanmu dan gunakan nomor HP yang tertera untuk menghubungi. Cek juga daftar layanan yang disediakan, cari yang sesuai kebutuhan anda misal paket pemasangan, beli receiver rekomendasi ataupun sekedar servis.

2. Pairing Box

pairing set top box rekomendasi Ninmedia
Untuk menghubungkan set top box rekomendasi dengan akun kugo, klik tombol + di pojok bawah. Terdapat tiga metode yang dapat dipilih yaitu
  • Scan QR Code
    Arahkan kamera ke QR Code yang ada di bodi STB, biasanya ada di bagian atas. Jika stiker rusak atau tidak terdeteksi, lebih baik coba cara lain.
  • Input STB ID
    Memasukkan user ID, formatnya ABCD1234. Bisa juga dicek di bodi receiver. Selain itu dapat dicari dengan klik tombol Menu di remot, geser ke Alat atau Tools dan pilih Informasi.
  • Input SMC ID
    Cek dengan klik tombol Menu, geser ke Alat lalu masuk ke NES dan pilih SMC info. Perhatikan SMC id dengan format 1234567.

3. Promo QR

Digunakan untuk memindai QR Code yang muncul di layar televisi anda. Izinkan aplikasi untuk mengakses kamera. Dengan melakukan scan seperti ini, pengguna berkesempatan mendapatkan hadiah menarik dari Ninmedia.

4. Reward Point

Menukarkan poin yang telah dikumpulkan dengan hadiah, sayangnya saat ini hanya tersedia pulsa (dulu ada topi, rompi, kaos). Salah satu cara mengumpulkan poin adalah dengan menscan Promo QR yang muncul di layar televisi.

Sejujurnya kita tak bisa berharap banyak dari ini, sekali pindai paling cuma 5 poin. Hadiah terkecil pulsa 10.000 membutuhkan 250 poin. Cukup sulit mengumpulkan poin hingga banyak, kecuali sering mengikuti promo dan nonton siaran Ninmedia.

5. Dompet

Menunjukkan saldo yang tersisa dari akun anda, bisa digunakan untuk membeli paket siaran, kirim salam dan pulsa (belum tersedia). Cara top up saldo Kugo sudah dibahas lewat artikel sebelumnya Cara Berlangganan Tiviplus.

6. Paket Siaran

cara membeli paket siaran Mantul
Fungsinya untuk mengaktifkan paket siaran dari Ninmedia, saat ini ada lima paket yang bisa dipilih (1 gratis dan 4 berbayar). Caranya cukup pilih paket yang diinginkan lalu klik aktifkan atau beli. Pastikan saldo anda mencukupi.
  • Paket Mantul (gratis setelah pairing), berisi Docubox, Fast & Fun Box, TFC, Zee Bioskop, Zing, Horee, Citra Drama, Citra Entertainment, Lifestyle Network, Fight Box, ABS-CBN S&A, Galaxy, Galaxy Premium, IMC, Pelangi dan MVP Drama (daftar saluran TV ini mungkin berubah sewaktu-waktu).
  • TV+ Hiburan, Blueant Entertainment, Hits, Hits Movie, tvN, tvN Movie
  • TV+ Edu, Animal Planet, Discovery Channel, ZooMoo, History, Criminal+ Investigation
  • TV+ Gaya, Asian Food Channel, Blueant Extreme, HGTV, Lifetime, TLC
  • TV+ Komplit, gabungan dari ketiga paket tiviplus di atas

7. Interaktif

Saat ini ada Goda 10, polling 10 lagu dangdut favorit yang akan diputar dalam program Goyang Dangdut 10 dari saluran Maleo. Sayang menu ini kurang update, terbukti polling terakhir dilakukan pada 22 Februari 2019.

Kirim salam, untuk mengirimkan pesan atau request lagu ke channel MK TV dan Maleo Channel. Menarik sih apalagi kadang kita bisa kirim salam dengan gratis tapi kemungkinan kedepannya berbayar juga.

8. Nonton Gratis

Lebih tepatnya streaming gratis beberapa stasiun TV lokal dengan koneksi internet. Cocok bagi kalian yang pasang internet unlimited di rumah. Pastinya kurang mantap jika hanya menonton di layar android, solusinya adalah mirroring ke TV. Tips lengkap silahkan baca di artikel Cara Menghubungkan HP Android ke TV Biasa.
Daftar Channel TV Streaming di Kugo
MK TVPAL TV
Maleo ChannelRadar Lampung
Pop MusikEl John TV
Ainos TVPraja TV
Inspira TVBanten Raya TV
Tribrata TVMadu TV
MI TVGemilang TV
GPR TVTV Desa
KitanesiaHuga City
RRI NETRumah TV
TVRI RiauArek TV
RB TVPadang TV
NU ChannelTabalong
Saling SapaTawaf TV
DMI ChannelTVRI Lampung
Al-Bahjah TVRiau TV
RC TVPombo TV
BE TVTVRI Sumbar
Nabawi TVTVRI Nasional
OshopTVRI Sumsel
PONTV

9. Berita

Fitur ini memberikan informasi terupdate tentang layanan Ninmedia, sayang tidak seaktif berita di fanspage Facebook.

Menu dalam Kugo

Dalam aplikasi terdapat beberapa menu yang berada di bawah, berikut ini adalah penjelasan lengkap,

1. Beranda

Untuk kembali ke halaman awal dimana ada slide show infromasi promo terbaru dan program menarik dari channel premium yang tayang melalui Ninmedia.

2. Pesan Masuk

Berisi pesan yang anda dapatkan.

3. Profil

Mengubah profil dan mengecek poin yang sudah dikumpulkan.

Banyak sekali orang yang bertanya, apa yang harus dilakukan jika nomor handphone yang terdaftar kugo sudah tidak aktif. Tak perlu khawatir yang diperlukan saat login adalah akun google, jika nomor expired tingga ganti lewat menu profil ini.

4. Setting

Banyak yang menduga menu ini dapat digunakan untuk mengubah pengaturan aplikasi. Sayangnya di Kugo hanya ada informasi Syarat dan Kondisi seperti saat pertama kali registrasi tadi.

Sekian artikel tentang Penjelasan Lengkap tentang Kugo Ninmedia. Terbukti aplikasi ini memiliki manfaat yang sangat banyak. Pemirsa setia Ninmedia terutama pengguna Set Top Box rekomendasi sebaiknya menginstall aplikasi ini untuk memperoleh promo terbaru.
Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel