Frekuensi Net TV Terbaru di Parabola 2019

Frekuensi Net TV Terbaru di Parabola
Frekuensi Net TV terbaru dimana sih? Sebuah pertanyaan dari seorang pengguna parabola yang bingung karena channel favoritnya tiba-tiba hilang tidak ada sinyal. Akhirnya tidak bisa nonton Ini Talkshow, 86, The Comment dll.

Masalah ini kemungkinan besar disebabkan freq Net TV yang berubah. Pindah satelit atau frekuensi transponder adalah hal yang lumrah untuk siaran satelit. Apalagi kalau yang kita tonton itu saluran Free To Air (FTA). Sebagai penikmat gratisan, kita hanya cuma pasrah dan segera update ke pengaturan baru.

Frekuensi Net TV 2019 di Berbagai Satelit

Pada artikel kali ini, wajanterbang akan berbagi informasi terupdate transponder Net TV 2019 mulai frekuensi, simbol rate dan polarisasi di berbagai satelit. Lengkap dengan jenis acakan, kualitas HD/ SD dan format gambar MPEG-4 atau MPEG 2.

Frekuensi NET TV Terbaru 2019
Nama SatelitTransponder Keterangan
Frekuensi
(Mhz)
PolarisasiSimbol Rate
(KS/s)
ABS 2
75.0°E
12287  V44000$ SMV TV, MPEG-4/SD
ChinaSat 10
110.5°E
3560V30000$ Skynindo, MPEG-4
ChinaSat 11
98.0°E
12560V43200FTA Ninmedia, MPEG-4/SD
JCSAT 4B
124.0°E
12490H30000$ Big TV, MPEG-4/SD
Measat 3a
91.4°E
12436H31000FTA KVision, MPEG-4/SD
Palapa D
113.0°E
3746H4400FTA, MPEG-4/HD
3752H4700FTA, MPEG-2/SD
3960H30000$ Topas TV, MPEG-4
SES 9
108.2°E
11024V15675FTA, MPEG-4/SD
Thaicom 4
119.5°E
11686V6666FTA, MPEG-4/SD

Beam kedelapan satelit di atas sudah menjangkau wilayah Indonesia dengan kualitas sinyal yang kuat. Jadi seharusnya kita dapat menangkap sinyal dengan kualitas yang bagus asalkan pengaturan dish sudah benar. Gunakan daftar di atas untuk setting satelit parabola baik yang Free To Air maupun berbayar.

Net Media dikenal sebagai saluran TV yang memiliki tampilan gambar jernih lewat channel HD. Bagi anda yang ingin menikmati tampilan layar bening secara gratis, disarankan mencari Net TV di parabola dengan tracking satelit Palapa D TP 3746 H 4400.

Pengguna receiver lama yang hanya support MPEG-2 tak perlu galau. Kita juga bisa tracking satelit di 113.0° Bujur Timur ini namun dengan TP 3752 H 4700. Palapa D memang terkenal punya banyak pilihan stasiun TV Nasional yang lengkap tentu Free To Air tanpa diacak.

Cara Mengatasi Sinyal Net TV yang Hilang

Walau tergolong masih muda, namun Net Media membuktikan diri sebagai salah satu stasiun TV terbaik di Indonesia. Semua berkat tayangan berkualitas yang memiliki cita rasa beda. Mereka lebih mengutamakan edukasi dan kreatifitas, tidak seperti kebanyakan acara TV sekarang yang kental dengan sensasi, gosip dan konflik receh yang mengada-ngada.
siaran net tv tidak ada sinyal hilang di satelit palapa
Kembali ke cara mengatasi siaran Net TV yang hilang, kita pastikan dulu apa penyebabnya.

    1. Frekuensi Berubah

    Biasanya kalau ada perubahan seperti ini, grup pecinta siaran parabola akan heboh. Saat sudah mendapatkan info valid kalau frekuensi diubah segera ganti freq lama ke yang terupdate.

    Kita perlu mengedit pengaturan transponder di receiver. Tampilan dan nama menu mungkin berbeda-beda tergantung merek, namun garis besar cara mengedit freq kurang lebih sama.
    • Pilih satelit dimana Net berada, misal Palapa D
    • Ubah Transponder lama, masukkan Frekuensi, Polarisasi V (Vertikal) atau H (Horisontal) dan masukkan Simbol Rate yang baru.
    • Cek hasilnya, jika perlu lakukan scan ulang.

    2. Slot Siaran Sudah Berakhir dan Pindah

    Kalau saluran Net TV tiba-tiba hilang karena satelit gangguan/ kontrak slot TP berakhir, kita harus mencari satelit alternatif. Jadi misal tidak bisa menonton di Palapa D, kan tinggal cari Ninmedia di Chinasat 11 atau Garmedia di Measat 3a.

    Langkah yang dilakukan adalah tracking ulang dan mengatur arah dish, misal dengan Tracking Ninmedia Chinasat 11 98°E.

    3. No Signal/ Kualitas Sinyal Buruk

    Walaupun beam satelit sudah menjangkau seluruh Indonesia, terkadang sulit sekali mendapatkan sinyal yang bagus. Hal ini bisa terjadi karena adanya pohon/ bangunan yang menghalangi. Ingat saat instalasi pastikan di depan dish tidak ada penghalang.

    Kasus channel TV tidak ada sinyal juga dapat terjadi karena dish bergeser setelah hujan berangin ataupun ditabrak kucing. Solusi terbaik adalah membalikan ke posisi sebelumnya, wajanterbang pernah membahas ini dalam artikel Cara Mencari Sinyal K-Vision yang Hilang.

    Jurus terakhir kalau sinyal satelit yang ada channel Net Media tidak sampai rumah maka lebih baik berganti ke antena biasa. Sampai tahun 2019 ini, Net TV masih dapat dinikmati di frekuensi UHF.

    Sekian artikel tentang Frekuensi NET TV Terbaru di Parabola. Kesimpulannya siaran yang hilang atau tidak ada sinyal sering disebabkan kode frekuensi transponder berubah, bisa juga akibat saluran yang pindah satelit. Cara mengatasinya adalah dengan mencari freq terbaru atau mengatur ulang parabola.
    Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel