Solusi Decoder Tidak Dapat Menerima Sinyal MNC Vision

Decorder Tidak Dapat Menerima Sinyal MNC Vision
Sering kali lagi enak-enaknya nonton channel favorit eh tiba-tiba siaran terputus, muncullah tulisan "masalah teknis: decoder tidak dapat menerima sinyal". Channel pun hilang semua, ini bukan karena diblokir lho kemungkinan besar error di decoder. Problem seperti ini kadang dialami pengguna Indovision yang sekarang dikenal dengan MNC Vision.

Cara Mereset Decoder

Salah satu cara menangani masalah sinyal yang hilang adalah mereset decoder saat aktif, ditandai lampu indikator yang menyala hijau. Harapannya decoder akan mencari sinyal dari awal dan tersambung kembali.

Berikut ini cara untuk melakukannya,
  1. Cabut kabel sambungan listrik decoder dari stop kontak.
  2. Matikan televisi anda.
  3. Cabut kartu siaran.
  4. Cek apakah ada kabel yang kendor? Jika iya kencangkan kabel.
  5. Masukkan kartu siaran kembali.
  6. Nyalakan televisi.
  7. Colokkan kabel decoder ke stop kontak dan tunggu beberapa saat.
Tunggu beberapa menit untuk melihat perubahan yang terjadi, ada 3 kemungkinan,
  1. Siaran lancar, berarti problemnya karena kabel kendor.
  2. Tetep tidak dapat sinyal, mungkin parabola tergeser karena hujan.
  3. Siaran lancar beberapa menit namun kembali muncul tulisan "masalah teknis: decoder tidak dapat menerima sinyal".
Nah kalau yang terjadi adalah nomor 2 dan 3, sebaiknya langsung melaporkan ke CS saja. Kemungkinan ada masalah pada decoder ataupun instalasi dish parabola. Lebih baik menyerahkan ke teknisi untuk penanganan profesional.

Cara Menghubungi Customer Service

Ada banyak metode yang bisa dipilih oleh pelanggan setia MNC Vision. CS melayani 24/7 dengan cepat dan memprioritaskan kepuasan pelanggan.
  • Telepon (021) 21 500 900
  • SMS 089601500900
  • WhatsApp 089661500900 / 089611500900‬
  • Email customercare@mncvision.id 
  • Facebook https://www.facebook.com/MNCVisionID/
  • Twitter https://twitter.com/MNCVisionCare
  • Instagram https://www.instagram.com/mncvisionid
Setelah menerima laporan, CS akan menjadwalkan kunjungan teknisi untuk mengecek langsung ke tempat anda. Kadang memang kedatangan teknisi itu cukup lama. Saran terbaik adalah menghubungi agen dimana anda beli. Biasanya mereka bisa membantu atau setidaknya punya kenalan orang yang bisa mengatasi problem sinyal hilang.

Cara Mencari Sinyal Indovision

Bagi kalian yang ingin mencoba mengatasi sinyal decoder yang hilang, salah satu solusi yang patut dicoba adalah mengatur kembali arah dish parabola dan lnb. Bisa saja bergeser akibat hujan berangin ataupun ditubruk kucing.

Seharusnya parabola mengarah ke satelit, MNC Vision ada di satelit Indostar II atau SES 7 108.2° Bujur Timur. Kalau di peta berada di baratnya pulau Kalimantan. Ketika dish bergeser sedikit saja, kualitas sinyal akan menurun bahkan hilang.

Silahkan download aplikasi untuk tracking, dalam tutorial ini memakai SatFinder. Pastikan untuk memberikan ijin mengakses lokasi anda. Klik cari dan pilih SES 7. Nanti akan keluar data seperti di bawah ini,
Cara Mencari Sinyal Indovision
Arahkan parabola ke Azimuth lalu atur sudut evalasi, terakhir putar lnb berdasarkan data yang muncul di Satfinder. Kalau pengaturan sudah sesuai namun sinyal belum muncul, geserlah parabola sedikit sambil dinaik turunkan.

Kalau sudah mencoba semua cara di atas namun tidak dapat sinyal, kemungkinan besar decodermu rusak. Namun supaya lebih yakin tunggulah teknisi datang ke rumah.

Sekian artikel tentang Solusi Decoder Tidak Dapat Menerima Sinyal. Tips ini bisa juga digunakan pada K Vision, TopasTV, Transvision, Aora dan berbagai TV langganan lainnya. Garis besar cara mengatasi masalah ini sama.
Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel