Cara Menggunakan EasyCap untuk Tracking Parabola

Cara Menggunakan EasyCap untuk Tracking Parabola
EasyCap adalah konektor yang digunakan untuk menghubungkan RCA/AV dari camcoder, CCTV, DVD player, receiver parabola, game console dll ke port USB seperti komputer atau laptop. Nah bagaimana cara menggunakan Easycap untuk tracking satelit?

Dengan bantuan Easycap, proses instalasi parabola jauh lebih simpel. Kita dapat memasangkan RCA ke receiver sedangkan sisi USB ke laptop. Tidak perlu lagi membawa layar TV ataupun membeli monitor kecil. Bahkan belakangan ini ada trik yang lebih praktis yaitu menggunakan handphone dengan bantuan OTG (USB On The Go) dan aplikasi Viewer.

Cara Menghubungkan Receiver Parabola ke Android

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasangkan kabel. Hubungkan RCA/AV dari Easycap dengan slot pada receiver. Pasangkan sesuai warna,
  • Putih itu Audio (L)
  • Merah itu Audio (R)
  • Kuning itu Video
cara membuat easycap sendiri
Sebenarnya untuk kebutuhan tracking, cukup konekkan yang warna kuning saja toh hanya butuh gambar tidak butuh suara. Apabila dirasa kabelnya kurang panjang maka dapat disambung dengan kabel RCA extension (male-female).

Ambil handphone, install aplikasi bernama "USB Camera - Connect EasyCap or USB WebCam". Bisa didownload di Playstore. Mungkin aplikasi ini tidak kompatibel dengan hp anda, alternatifnya banyak kok, cari saja di Play Store dengan kata "EasyCap".

Buka aplikasi sehingga pada layar tertulis "please connect a USB WebCam, EasyCap or UVC video grabber device".
aplikasi easycap android
Hidupkan receiver seperti biasanya, pasang USB dari EasyCap ke OTG lalu ke handphone. Jadi urutannya Receiver > RCA > EasyCap > USB > OTG > Handphone.

Setelah itu keluar tulisan "USB device attached AV to USB2.0". Selang beberapa detik setelah dikonekkan, akan muncul gambar layaknya monitor televisi. Miringkan handphone supaya gambar lebih besar.
Cara Menghubungkan Receiver Parabola ke Android
Perlu diingat, ada beberapa handphone yang tidak bisa terhubung dengan EasyCap. Masalah ini disebabkan chipset yang tidak kompatibel. Ada juga yang hanya keluar gambar tanpa suara. Disarankan menggunakan handphone milik keluarga atau teman yang support.

Sejujurnya rugi sih kalau beli EasyCap hanya untuk menghubungkan receiver parabola ke android. Ada banyak kegunaan lainnya seperti bermain playstation dengan laptop, memantau CCTV, membuka video dari camcoder dll.

Pada CD driver juga ada Ulead Video Studio yang dapat digunakan untuk merekam video pada monitor. Aplikasi ini dapat digunakan untuk editing video seperti memotong, menggabungkan, menambahkan text, mengubah suara dsb.

Cara Menggunakan EasyCap di Laptop

Memakai laptop jauh lebih enak dibandingkan dengan android. Selain layar yang lebih lebar, cara menghubungkan receiver parabola ke laptop juga lebih mudah karena tidak perlu tambahan OTG.

Ditambah lagi sudah ada driver yang ada dalam CD bawaan, tidak repot download software lain. Driver kompatibel untuk Windows 98/ME, Windows 2000, Windows XP, Windows VISTA, Windows 7, 8, 10.

Pertama silahkan install driver dan aplikasi di dalam CD. Pasangkan kabel RCA ke slot di receiver dan USB langsung ke slot pada laptop. Urutannya Receiver > RCA > EasyCap > USB > Laptop.

Buka aplikasi VHS to DVD yang baru terinstall. Asalkan receiver sudah dinyalakan dan semua terhubung pasti akan keluar gambar video lengkap dengan audio.

Perlu diperhatikan, terkadang driver dan software bawaan tidak cocok dengan Windows 10. Kemungkinan besar EasyCap yang anda beli adalah stok lama, solusinya cari driver terupdate di google. Lakukan pencarian dengan kata kunci "driver easycap".

Sering ada yang bertanya, bisakah kita membuat EasyCap sendiri. Sayang sekali sampai sekarang belum ada tutorialnya, kalau OTG sudah banyak. Lagian buat apa repot-repot toh konektor satu ini harganya sudah turun jauh dibandingkan jaman dulu. Di marketplace online yang termurah ada di kisaran 50 ribuan rupiah.

Sekian artikel tentang Cara Menggunakan EasyCap untuk Tracking Parabola. Alternatif lain yang bisa digunakan adalah DVBFinder, fitur yang ada di kebanyakan receiver terbaru. Metodenya lebih simpel cukup pakai koneksi internet dan scan QR Code. Wajanterbang sudah membahasnya di Menghubungkan Receiver ke Android dengan DVBFinder.
Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel