Cara Menggunakan DVBFinder Untuk Tracking dan Biss Key

cara menggunakan dvbfinder untuk tracking
DVBFinder adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membantu proses instalasi dish satelit. Memanfaatkan teknologi GPS sehingga perhitungan azimuth, ketinggian dan putaran lnb lebih akurat. Bisa didownload dari Playstore lewat link ini.

Kita juga dapat melihat kekuatan dan kualitas sinyal langsung di handphone android. Lebih fleksibel dibandingkan cara lama yang harus mengecek tampilan receiver pada layar televisi. Hasilnya tracking menjadi lebih mudah dan cepat.

Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah fitur Scan To Watch untuk mendapatkan BISS Key dari channel yang diacak. Jadi pengguna tidak perlu bingung mencari kesana kemari saat channel favoritnya teracak.

Receiver terbaru yang support DVBFinder seperti yang Matrix Burger S2, LGSAT New Azura HD LG-101, Skybox A1 Old, Tanaka T21 HD New Sakura dan Tanaka T22 New Jurassic Metal. Terus bagaimana cara menggunakan DVBFinder? Artikel ini dibuat berdasarkan file readme di github.

Cara Tracking dengan DVB Finder

dvb finder skybox
Pertama kita koneksikan Receiver ke Wifi, caranya
  1. Pasang kabel-kabel dan wifi dongle pada receiver lalu hidupkan.
  2. Tekan Menu pada Remot, pilih App lalu Wifi dan Wifi Manager.
  3. Pilih jaringan hotspot yang ada, bisa sharing handphone ataupun wifi rumahan. 
  4. Klik tombol merah untuk mulai konek.
Kembali ke Menu, pilih Tools (Peralatan) dan DVB Finder. Akan muncul tampilan QR Code Scan to Lock dengan panduan di sebelahnya.
dvb finder scan to watch
Ambil handphone lalu buka DVBFinder, klik tombol scan (bentuknya mirip pagar, sebelah bluetooth). Arahkan kamera ke QR Code pada layar televisi.

Pada televisi tabung, proses scan barcode kadang agak susah. Cobalah untuk mengubah sudut kamera dengan layar misal kalau dari depan gagal, ganti dari sudut agak menyamping.

Kalau sudah konek ditandai lambang bluetooth di bagian atas berubah jadi dua komputer, otomatis akan muncul tampilan kompas di layar handphone. Kita sudah bisa meninggalkan TV dan pergi ke dish untuk mengatur arah tracking.
cara menggunakan dvbfinder matrix burger s2
Konfigurasikan antena dengan mengatur LNB Frekuensi, 22k auto dan DiSEqc tergantung port switch anda. Ubah satelit dan transponder yang diinginkan misal Palada D 113E dengan TP 4186/V/8800. Lebih baik dicek satu persatu untuk mendapatkan frekuensi transponder terkuat.

Pastikan GPS aktif supaya muncul tanda panah merah yang menunjukkan arah dish (Azimuth), derajat Elevation (ketinggian) dan Skew (condong).

Cara setting dish dengan bantuan DVBFinder,
  • Arahkan dish menuju tanpa panah merah.
  • Atur disk agak mendongak berdasarkan ketinggian (elevation). Kalau lurus ke depan itu 0°, sedangkan mendongak atas itu 90°. Jadi kalau 78°, ya di tengah-tengahnya.
  • Putar LNB berdasarkan Skew (Condong). R itu Right artinya putar ke kanan sedangkan L itu Left artinya putar ke kiri. LNB lurus itu 0°, jadi R45,56° itu diputar ke kanan sebesar 45,56°.
Cek perubahan yang terjadi pada kekuatan dan kualitas sinyal. Jika masih belum muncul, geser dish perlahan-lahan sambil terus pantau perubahannya. Warna merah artinya sinyal jelek, kuning lumayan dan hijau sudah bagus.

Mengatur dish dengan DVBFinder memang ribet, lebih cocok pemula yang baru pertama kali tracking. Untuk yang sudah pro jelas lebih enak manual, arahkan parabola ke satelit lalu geser sedikit demi sedikit hingga mendapatkan sinyal maksimal.

Panduan dalam bentuk video dengan LGSAT New Azura HD LG-101 bisa ditonton di channel Youtube LGSAT Parabola,

Cara Mendapatkan Biss Key dengan DVBFinder

Pertama-tama silahkan menuju channel dengan acakan Biss ditandai dengan adanya lambang BIS di bagian bawah. Secara otomatis dalam beberapa detik kemudian QR code Scan To Watch akan muncul pada layar televisi.

Buka aplikasi DVBFinder di handphone, klik menu scan dan arahkan kamera ke barcode pada layar TV. Kemudian pada handphone akan muncul kode 16 digit Biss Key berisi huruf dan angka.
cara mencari biss key yang cepat dengan DVBFinder
Kembali ke TV, ambil remot dan klik OK untuk Input key. Tinggal masukkan bisskey dengan keyboard di layar. Terakhir simpan dan kita sudah siap menonton acara televisi yang sebelumnya diacak.

Sekian artikel tentang Cara Menggunakan DVBFinder Untuk Tracking dan Biss Key. Aplikasi satu ini terbukti sangat memudahkan melakukan pengaturan satelit dan tentu saja mendapatkan kunci acakan bertipe BISS. Jangan lupa berikan rate bintang 5 jika bermanfaat!
Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel