Cara Memasukkan Biss Key Matrix Burger S2

Matrix Burger S2 salah satu merek receiver yang populer di Indonesia. Hal ini berkat harganya yang relatif murah, dengan fitur yang cukup lengkap. Nah yang sering jadi masalah terutama bagi yang baru beli adalah bagaimana cara memasukkan biss key matrix burger?

Walaupun rilis pertama sejak tahun 2016, Burger S2 HD ini masih dapat memenuhi kebutuhan menonton siaran satelit. Support beberapa jenis acakan seperti Power VU Autoroll, Tandberg dan yang terpenting bisa untuk BISS (Basic Interoperable Scrambling System).

Cara Memasukkan Biss Key Matrix Burger

Pertama silahkan membuka channel dengan tipe acakan BISS. Klik tombol biru pada remot untuk membuka jendela baru untuk memasukkan key.
cara input bisskey secara manual tanpa aplikasi
Jika ternyata setelah  menekan tombol biru tidak ada respon, kemungkinan besar yang ingin anda buka itu bukan acakan Biss. Perlu diingat ada banyak jenis acakan seperti cryptoworks, tanberg, powervu, irderto, conax ataupun viacces.

Channel yang bisa dibuka dengan bisskey ditandai dengan adanya logo BISS (lebih jelas silahkan lihat gambar di bawah ini).
mengetahui jenis acakan channel TV
Pada jendela baru klik OK untuk masukkan biss key yang anda punyai, pastikan terupdate supaya sukses. Untuk mendapatkan kunci membuka tipe acakan biss, silahkan mencari di grup/ fanspage facebook. Wajan terbang sudah membahas tipsnya pada artikel Cara Mencari Biss Key Hari Ini di Facebook.
input bisskey
Anda bisa memasukkan huruf dengan keyboard lengkap di layar sedangkan untuk angka lebih cepat kalau pakai tombol remot. Setelah semua key sudah dimasukkan, klik tombol merah untuk enter. Terakhir klik tombol merah lagi untuk menyimpan.

Tunggu beberapa detik, siaran yang awalnya teracak sudah bisa ditonton.

Biss Key 100% Benar Tapi Tetap Tidak Bisa

Sudah yakin memasukkan dengan benar tapi tetap muncul tulisan "Siaran Acak". Hal ini dikarenakan Matrix Burger S2 tidak bisa membuka acakan Bisskey saat ada frekuensi yang mirip dengan SID yang sama.

Jadi misal dalam receiver sudah ada data frekuensi 3915 dengan SID 003, sedangkan kita ingin membuka siaran dengan frekuensi 3916 dengan SID 003. Hasilnya siaran tidak bisa ditonton karena yang dibuka adalah data 3915 tersebut, aneh kah?

Untuk melihat Frekuensi dan SID, silahkan menuju channel yang ingin ditonton lalu klik tombol kuning hingga muncul jendela,
cara membuka siaran acak
Setelah tahu Frekuensi TP dan SID, saatnya menghapus data lama yang bikin bentrok. Untuk melakukannya ikuti tutorial ini,

1. Masuk ke menu dan pilih Expansion. Lanjut ke Ubah Key, pilih Biss.
cara memasukkan bisskey secara manual di expansion
2. Kita akan melihat tabel berisi data Frekuensi, SID (hex) dan Key. Scroll terus hingga mendapatkan frekuensi dari channel yang ingin dibuka.
data bisskey di expansion receiver
3. Cari Frekuensi yang mirip dengan SID persis.
4. Pilih data lama, klik tombol kuning untuk menghapus.
5. Kembali ke siaran, hasilnya pasti sudah keluar video dan audionya.

Input Biss Key Dengan DVB Finder

Firmware matrix burger biasanya sudah ada DVB Finder. Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk mendapatkan Biss Key terbaru. DVB Finder bisa didapatkan di Playstore secara gratis.

Pertama silahkan menuju channel yang ingin dibuka, dalam beberapa detik akan muncul QR Code yang siap discan. "DVB Finder Scan to watch".
cara memasukkan bisskey dengan DVBfinder
Buka aplikasi, klik tombol scan pada menu atas (bentuk mirip pagar di sebelah kanan bluetooth). Arahkan kamera handphone untuk menscan QR Code di layar televisi. Otomatis akan muncul deretan angka dan huruf biss key yang siap diinputkan.

Kembali ke TV, klik Ok pada remot untuk Input Key. Masukkan semua kode lalu klik tombol merah untuk menyimpan. Tunggu beberapa detik hingga video dan suara keluar. Selamat menonton.

Sekian artikel tentang Cara Memasukkan Biss Key Matrix Burger S2. Jenis receiver ini cukup banyak tipe-nya dengan firmware yang kurang lebih mirip. Jadi tutorial ini bisa digunakan untuk tipe lain dengan sedikit perbedaan terutama tampilan.
Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel