Cara Memasukkan Biss Key di Receiver GOL Garmedia

Cara Isi Biss Key di Receiver GOL Garmedia
GOL adalah receiver rekomendasi Garmedia si Siaran Gratis K-Vision, nama tersebut merupakan singkatan dari Gardiner G-88HD Ottimo, Optus OP-66HD dan LGsat LG-101 Stars. Tidak heran banyak yang bilang kalau Garmedia merupakan kerjasama antara K-Vision dengan produsen receiver tsb.

Ketiga receiver sudah support acakan populer BISS, PowerVU dan Tandberg. Masalahnya menu untuk isi bisskey secara default tersembunyi, perlu kode rahasia untuk membuka. Ok bagi yang penasaran, kali ini wajan terbang akan berbagi cara memasukkan biss key di receiver GOL Garmedia.

Cara Isi Biss Key di Receiver GOL Garmedia

Sebagai contoh akan menggunakan Gardiner G-88HD Ottimo untuk membuka TV Lao HD yang teracak di satelit Thaicom 8 Ku-Band.

1. Tekan tombol Menu, geser ke kanan dan pilih Instalasi.
2. Saatnya membuka menu rahasia dengan menekan tombol 6 di remot sebanyak empat kali, jadi 6666. Muncullah menu tersembunyi yaitu Patch Key.
Menu Rahasia Receiver Gardiner G-88HD Ottimo

3. Selain bisskey kita membutuhkan data frekuensi, SID, garis bujur dan Key dari siaran TV yang teracak.

Bagi teman-teman yang belum punya data tsb, silahkan kembali ke Menu > Instalasi > Pengaturan Antena.

Cari satelit dimana siaran TV teracak yang ingin dibuka. Perhatikan garis bujur letak satelit berada. Misal Thaicom 8 di 78.5° E.
cek letak satelit di garis bujur
Selanjutnya masuk ke siaran TV yang teracak dan klik tombol info 2x hingga muncul jendela baru berisi informasi nama satelit, transponder dan PID.
cara mengecek frekuensi transponder dan SID
4. Kembali ke Patch Key, tekan tombol Hijau untuk menambah Biss Key baru. Kalau sudah penuh bisa edit salah satu Key lama yang tidak terpakai dengan klik Merah atau hapus dengan klik Kuning.
Cara Memasukkan Biss Key di Receiver Rekomendasi Garmedia
5. Tinggal masukkan data yang sudah didapatkan,
  • No, biarkan apa adanya.
  • Garis bujur, isi berdasarkan letak satelit
  • Direction, letak garis bujur. Mayoritas satelit yang menjangkau Indonesia berada di bujur timur jadi isi dengan E artinya East = Timur.
  • Freq, isikan frekuensi dari Transponder. Misal Thai TV HD berada di 11170/H/30000. Frekuensi itu yang paling depan 11170 Mhz.
  • SID, ada di PID yang paling depan.
  • Key, isikan kode biss. Yang terupdate bisa dicari dari forum dan fanspage facebook pengemar parabola.
cara input Biss Key  Gardiner G-88HD Ottimo
6. Tekan Exit dan cek apakah siaran teracak BISS sudah terbuka.

Menu rahasia Patch Key tidak hanya untuk isi Bisskey saja. Apabila kita memencet tombol biru pada remot, hasilnya pengaturan akan berpindah dari BISS > PowerVU > Tandberg. Sayang sekali receiver ini belum support auto roll powerVu.

Gardiner G-88HD Ottimo adalah receiver yang paling laris diantara ketiga receiver khusus Garmedia. Nah karena kemiripan nama, banyak orang yang malah beli Gardiner G-88HD Oracle (rekomendasi Ninmedia). Hal ini bisa dimaklumi karena mirip sekali, hanya beda seri Ottimo dan Oracle.

Untuk dua receiver lainnya, Optus OP-66HD dan LGsat LG-101 Stars. Cara membuka siaran teracak kurang lebih sama yaitu membuka menu Patch Key dan mengisikan data yang diperlukan.

Sekian artikel tentang Cara Memasukkan Biss Key di Receiver GOL Garmedia. Terbukti untuk mengisi kode Biss sebenarnya mudah sekali, yang merepotkan adalah Patch key yang secara default diatur tersembunyi/hidden. Banyak yang belum tahu kombinasi tombol rahasia sakti ini.
Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel