Cara Cek Sensor pada Handphone Gagal Tracking

Cara Cek Sensor pada Handphone Gagal Tracking
Sering kali ada yang mengeluh bahwa handphone miliknya tidak bisa menggunakan aplikasi tracking parabola seperti Satfinder ataupun Satellite Director. Jawaban dari masalah ini adalah karena handphone tidak punya sensor yang dibutuhkan .

Perlu diingat dalam sebuah handphone terdapat beberapa sensor. Saat kita melakukan tracking parabola, ada sensor yang digunakan seperti magnetometer, accelerometer, orientation dan proximity (tergantung aplikasi pencari sinyal yang digunakan). Bagi yang galau karena handphone-nya gagal tracking parabola, coba dulu lihat ada tidaknya sensor dengan tutorial di bawah ini,

Cara Cek Sensor pada Handphone Android

Sebenarnya ada cara manual untuk mengecek dengan kode rahasia tertentu. Namun yang paling simpel untuk mengetahui sensor apa saja yang tertanam dalam hp adalah dengan menginstall aplikasi Sensor Box atau CPU-Z. Bisa digunakan pada merk apa saja seperti Xiaomi, Samsung, Asus, Huawei, Oppo, Vivo dll.

1. Sensor Box for Android
Aplikasi ini bisa di download di Play Store secara gratis, ukurannya pun kecil. Langsung dibuka saja setelah terpasang, terlihat total ada 9 jenis sensor yang dapat dicek dengan Sensor Box.
mengapa handphone tidak bisa untuk tracking
Jika ada lingkaran merah dengan garis miring seperti lambang stop itu berarti sensor tersebut tidak ada dalam hp anda. Kebanyakan handphone kelas menengah pasti hanya memiliki 6-7 sensor seperti pada gambar di atas. Jarang sekali yang sudah memilik sensor suhu dan tekanan, kecuali merk tertentu.

Walaupun sensor sudah ada, namun terkadang kompas untuk tracking tidak berjalan semestinya. Hal ini dikarenakan handware untuk sensor error atau sudah lelah. Anda bisa klik satu persatu untuk mengecek dengan melakukan simulasi sesuai jenis sensor.

2. CPU-Z
Aplikasi satu ini tidak hanya untuk melihat sensor tapi bisa untuk melihat informasi hardware dan sistem dari sebuah handphone. Pertama, silahkan download di Playstore (gratis).
Melihat sensor hp android dengan CPUZ
Buka CPU-Z lalu pindahlah ke Tab Sensors. Tunggu beberapa detik hingga data dari masing-masing sensor keluar. Jika keluar angka-angka berarti sensor tersebut sudah ada dalam handphone dan masih berjalan dengan baik.

Jenis Sensor Handphone

Sensor bisa diartikan sebagai alat yang digunakan untuk mengukur dan menganalisa suatu kondisi lalu merespon perubahan di sekitarnya. Berikut ini jenis sensor yang sering digunakan pada handphone,

1. Akselerometer
Berguna untuk mendeteksi perubahan posisi device. Misal rotasi-otomatis jika hp diputar vertikal dan sebaliknya.

2. Cahaya
Untuk mengetahui intensitas cahaya di lingkungan sekitar dan menyesuaikan pengaturan brightness. Saat kita berada di tempat gelap, sensor otomatis akan meningkatkan kecerahan layar.

3. Orientasi
Untuk mengetahui arah, salah satu sensor yang dibutuhkan untuk tracking parabola. Dia bisa memberikan data Azimuth, Roll dan Pitch dari arah yang handphone menghadap.

4. Proximity (jarak dekat)
Untuk mengukur kedekatan handphone dengan benda lain. Aplikasi Satellite Director menggunakan sensor ini untuk memberikan peringatan bahwa hp terlalu dekat dengan dish. Alasannya karena dish yang terbuat dari besi akan mempengaruhi keakuratan kompas.

Baca juga: Cara Menggunakan Satellite Director untuk Tracking Parabola

5. Suhu (Temperature )
Mendeteksi suhu dari handphone dan merespon saat terlalu panas ataupun dingin.

6. Giroskop
Sensor ini bisa mendeteksi sudut kemiringan, Bekerja sama dengan akselerometer sehingga informasi lebih presisi sampai perputaran 360 derajat.

7. Suara
Untuk mendeteksi intensitas suara di sekitar. Misal jika kita menelpon di tempat ramai, handphone akan menaikkan volume.

8. Magnet
Berguna mendeteksi medan salah satunya untuk kompas. Jika belum ada sensor Magnetic artinya handphone tidak bisa menggunakan aplikasi pencari sinyal parabola.

9. Tekanan (Pressure)
Untuk mengecek tekanan di sekitar, berguna untuk mengetahui cuaca dan suhu.

Sekian artikel Cara Cek Sensor pada Handphone Gagal Tracking. Jadi bisa disimpulkan penyebab android yang tidak bisa melacak satelit adalah tidak adanya sensor yang dibutuhkan.  Sensor ini hardware, jadi menginstall aplikasi tertentu tidak akan bisa mengatasi. Solusi terbaik sudah pasti ganti handphone baru.
Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel