Cara Mencari Sinyal K-Vision yang Hilang C2000 dan K2000

cara mencari sinyal parabola k vision
Sering kali pelanggan K-Vision mengeluh kalau siaran TV-nya tiba-tiba hilang sehingga tidak bisa ditonton. Masalah seperti ini sering disebabkan oleh parabola yang bergeser, kabel copot ataupun decoder tidak dapat menerima sinyal. Cara mencari sinyal K Vision yang hilang itu tidaklah sulit, pemula pun dapat melakukannya.

Pertama kita harus cek dulu kualitas sinyal yang kita dapatkan. Dalam artikel ini, wajanterbang menggunakan receiver K-Vision HD Bromo C2000. Bisa juga dipakai untuk Cartenz K2000, garis besar pengaturannya sama hanya beda satelit.

Cara Mencari Sinyal K-Vision yang Hilang

decoder K Vision tidak dapat menerima sinyal

Bagi pengguna yang baru pertama kali pasang parabola K-Vision, masalah decoder tidak dapat menerima sinyal mungkin dikarenakan receiver belum diaktivasi. Lebih baik tanyakan ke tempat anda beli, apakah decoder sudah diaktifkan?

Sejak awal Oktober 2020, K-Vision C-band hanya aktif di Telkom 4 saja dimana Palapa OFF. Ini artinya pelanggan mau tidak mau juga harus lock Telkom 4. Semua channel K-Vision di Palapa akan gelap teracak.

Bagi kalian yang sudah lock PalKom dalam 1 dish, tinggal masukkan frekuensi K-Vision di Telkom 4 lalu scan "FTA only : Tidak". Kalau kalian cuma pakai 1 LNB maka harus mengeser parabola dari 113 ke 108 derajat.

Selain itu banyak pemula yang salah lock satelit, misalnya dish anda arahkan ke Telkom 4 ternyata pengaturan untuk Measat 3a. Ingat ya K-vision Bromo C2000 biasanya untuk parabola jaring (C-band) sedangkan Cartenz K2000 untuk dish mini (Ku-band).

Pengaturan C-band Telkom 4,

  • Freq lnb 5150
  • Scan tp 3860 V 31000 dan 4060 V 31000
Pengaturan Ku-band Measat 3a,
  • Freq lnb 9750/10600
  • Scan tp 12436 H 31000 dan 12436 H 31000 (garmedia)
Settingan di atas untuk yang tracking 1 dish 1 lnb saja. Bagi yang lock lebih dari satu satelit misal Telkom 4 dan Chinasat 10 maka harus mengatur port diseqc dan mainkan on off 22k. Kadang salah lubang port bisa pusing tujuh keliling.

Setelah pengaturan benar, cek pada bagian bawah yaitu intensitas dan kualitas sinyal. Berapa persen yang receivermu dapatkan? Setidaknya intentitas sinyal 60 dan kualitas sinyal minimal 60. Gotik sedikit dishmu untuk mendapatkan kualitas terbaik.
Makin besar kualitas sinyalmu makin bagus kualitas siaran yang didapatkan. Yang jadi masalah jika intensitas sinyal 60% tetapi kualitas sinyal 0. Hal semacam ini bisa terjadi karena kabel konektor dibelakang decoder yang kendor. Cek juga ujung satunya yang masuk ke LNB. Selain itu cek apakah parabola bergeser yang mungkin dikarenakan hujan berangin ataupun disenggol kucing.

cara mencari sinyal parabola k vision
Apabila dish berubah arah, gunakan aplikasi tracking android misal Satfinder. Arahkan dish berdasarkan Azimuth dan sudut Elevasi, simpelnya kendorkan mur dan baut lalu geser perlahan ke barat sambil dinaik turunkan hingga sinyal mulai membaik. Setelah mendapatkan kualitas yang optimal, kencangkan mur dan baut kembali.

Jika sudah diotak atik namun sinyal tak kunjung muncul, kemungkinan besar ada alat yang error biasanya ada di Kabel, LNB dan Switch Disecq. Bertanyalah pada agen K-Vision terdekat atau call center 08111 500 828 untuk penanganan lebih lanjut.

Setelah mendapatkan intensitas dan kualitas sinyal maksimal, silahkan ke Menu Receiver, pilih satelit K Vision. Biasanya sudah bawaan dari pabrik jadi kita tidak perlu menambahkan frekuensi transponder terbaru.

Klik tombol biru pada remot untuk memulai pencarian. Pengaturan sesuai dengan gambar di bawah ini, lalu pilih Cari untuk memulai scan. Jangan sampai mengatur Hanya FTA ke Iya karena siaran K-Vision itu bukan FTA namun teracak.
cara mengatasi k vision tidak ada sinyal
Pada layar akan terlihat proses pencarian channel secara otomatis. Tunggu hingga selesai, klik Ok untuk menyimpan. Tinggal cek satu persatu siaran TV yang anda dapatkan. Kalau ada yang tidak kescan, silahkan naikan kualitas sinyal dan scan sekali lagi.

Sekian artikel tentang Cara Mencari Sinyal K-Vision yang Hilang C2000 dan K2000. Solusi terbaik adalah konsultasi dengan agen K-Visionmu atau Call Center. Mereka pasti lebih tahu tentang pengaturan channel TV baik itu letak satelit dan transponder yang terupdate.
Pecinta TV dan Film sejak tahun 1991
  • Facebook
  • Twitter
  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel